Menyambut Bandara Baru, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kulonprogo

Menyambut Bandara Baru, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kulonprogo (NYIA) April rencananya sudah broperasi. Pemerintak kabupaten Kulonprogo mngintensifkan pelatihan kerja kepada warganya.

Menyambut Bandara Baru, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kulonprogo
Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) (Foto: Istimewa)

Tujuannya agar warga setmpat tdak hanya menjadi penonton terhadap pembangunan bandara yg bernilai investasi Rp 8,8 triliun trsebut.

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mngatakan, dalm bberapa tahun terakhir, sejak megaproyek bandara NYIA dittapkan di Kulonprogo, pemkab sudah mnyiapkan pelatihan kerja.

"Sampai Maret ini sudah ada 1.115 orang yg mengikuti pelatihan, trmasuk kebandarudaraan bersama dgn PT angkasa Pura I," tuturnya membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun anggaran 2019 di UPT BLK Disnakertrans Kulonprogo, Senin (1/4).

Untuk pelatihan kerja kali ini, ada 208 peserta yg mngikuti 13 jenis pelatihan. Pelatihan kerja brlangsung bberapa hari, peserta tidak dipungut biaya sedikitpun.

"Ini komitmen pemkab agar warga lokal tdak mnjadi penonton pmbangunan. Pemkab  terus mnyiapkan produktivitas tenaga kerja dan melakukan prluasan dan kesmpatan kerja," jelasnya.

Dia mengungkapkan, platiihan kerja yg digelar pemkab berbasis kompetensi. Ibarat kendaraan, surat kompetensi mirip seperti SIM yg menjadi bukti keahlian yang telah dimiliki.

"Kita sudah sering ya (mnggelar pelatihhan kerja brbasis kompetensi) di brbagai bidang. Sebagian lulusan sudah  bkerja dan mmbuka lapangan usaha sendiri," papar  Sutedjo.

Selain mnyambut broperasinya Bandara NYIA, pelatihan kerja juga mnjadi upaya untuk menekan angka pngangguran di Kab.Kulonprogo.

"Data trakhir sekitar 4.500 tenaga kerja produktif yg belum mndapatkan pekerjaan. Kami yakin nanti setelah bandara baru beroperasi, angka pngangguran di Kulonprogo smakin kecil jumlahnya," papar dia.

Di tmpat yang sama, Kepala UPT BLK Saryono mngatakan, pelatihan kerja kali ini ada 13 paket platihan. Antara lain Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, pmbuatan kue dan roti, platihan tata rias dan kecantikan serta pelatihan service motor konvensional, internet marketing, perawatan AC, pelatihan mebel dan furniture, mnjahit, juru las dan lain sebagainya.

Dia mengakui, pelatihan kerja memang tdk secara spesifik brhubungan dgn bidng transportasi udara atau kebandarudaraan. Untuk platihan kerja kebandarudaraan, PT Angkasa Pura I yang mlakukan pelatihannya.

"Sampai Maret ini sudah ada 1.115 yang mengukuti pelatihan kerja," ujarnya.

Pelatihan kerja ini digelar dengan dasar Undang-undang No 13 tahun 2003 tntang Ketenagakerjaan. Platihan kerja diselenggarakan untuk mmbekali, meningkatkan dan mengembangkn kompetensi kerja, untuk pningkatan kesejahteraan.

"Semoga pelatihan kerja ini mmpu menyambut kesempatan kerja yang trbuka dgn beroperasinya Bandara NYIA," pungkasnya.

Demikian Artikel Mengenai ; Menyambut Bandara Baru, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kulonprogo

Semoga bermanfaat bagi Anda serta menjadi salah satu peluang yang bisa Anda ambil untuk menciptakan lapangan pendapatn baru bagi Anda dan keluarga.

Artikel ini telah dimuat di: Tagar.Id dengan judul :Pemkab Kulonprogo Intensifkan Pelatihan Kerja Sambut Bandara Baru.Alamat : https://www.tagar.id/pemkab-kulonprogo-intensifkan-pelatihan-kerja-sambut-bandara-baru

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *