Kerja Sampingan Untuk Seorang Guru

Kerjakusini Mengamati informasi yang berkembang seputar kesejahteraan para guru dinegeri ini ternyata masih sangat menyedihkan. Terutama bagi mereka yang masih dalam status sebagai honorer, sangat jauh dari kelayakan untuk melangsungkan kehidupan dizaman ini.
Sehingga sangat diperlukan kepekaan dari para guru ini untuk mencari penghasilan tambahan disela-sela kegiatan mengabdinya. 

Lalu pertanyaan pertama yang perlu dijawab adalah; Kapan para guru ini memiliki waktu yang luang agar bisa melakukan kegiatan usaha atau kerja diluar statusnya sebagai guru?.. Untuk jawaban pertanyaan  ini tentunya para guru yang bersangkutan akan lebih mengetahuinya. Tetapi, disisi lain penting juga ada sumbangsih pandangan dari pihak lain supaya para guru ini memiliki lebih banyak alternatif jawaban untuk memilih waktu terbaiknya.

Les Privat kerja sampingan untuk guru

Dengan kebijakan pemerintah yang terbaru mengenai FDS (Full Day School) tentu ini menjadi hal yang tidak bisa pungkiri, bahwa ini akan sangat menyita waktu para guru dan sebagian besar waktunya harus dihabiskan disekolah. Ringan masalah  yang akan dihadapi, bila masalah kesejahteraan hidupnya benar-benar sudah dijamin, jadi para guru tidak perlu repor-repot mencari pendapatan tambahan. 

Tetapi akan sangat berat masalahnya bagi para guru honorer yang masih memiliki pendapatan jauh dibawah rata-rata kelayakan. Maka waktu luang itu sangat berharga, karena bisa dipake untuk kegiatan lain dalam bentuk mencari pendapatan tambahan untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Agama menganjurkan umatnya menjadi pengusaha

Jadi dalam kondisi seperti ini, waktu luang yang dimiliki oleh seorang guru sangat sempit. Para guru pasti setuju dengan ini. Karena ini memang fakta yang tidak bisa dipungkiri. Waktu luang yang dimiliki hanyalah hari sabtu dan minggu, itupun bila tidak ada kegiatan lain disekolah, karena sekolah biasanya akan memiliki setumpuk agaenda kegiatan yang pada pelaksanaanya sangat bergantung pada bantuan tenaga dari para guru.

Kemudian peluang apakah yang bisa dimanfaatkan oleh para guru dalam kondisi dan situasi seperti itu? agar tetap bisa menambah pendapatan?.

Dalam setiap lingkungan pasti akan ada kebutuhan yang mengikat bagi setiap individu. Maka yang pertama kali harus dicari oleh para guru adalah jawaban dari " apa saja yang menjadi bagian yang paling dibutuhkan oleh sebagian besar individu yang ada dilingkungan sekolah?. Ini penting ditemukan jawabannya oleh para guru, karena ini adalah menyangkut peluang kerja sampingan untuk seorang guru tanpa harus memikirkan waktu luang. Selain itu menjadikan lingkungan kerjanya sebagai potensi untuk menciptakan usaha bukan merupakan sebuah kesalahan.

Memanfaatkan waktu luang untuk kerja atau usaha sampingan 

Waktu luang yang dimaksud adalah hari libur yaitu hari sabtu dan minggu dan tanggal merah. inilah waktu luang yang bisa dijadikan sebagai potensi bagi para guru untuk meciptakan bisnis sebagai usaha sampingan. Berikut adalah beberapa contoh usaha atau bisnis yang bisa dilakukan disaat waktu luang bagi para guru;

1. Membuka Kursus
Kursus adalah salah satu pembelajaran keahlian untuk suatu bidang kegiatan, misalnya komputer. Ini sangat pas dengan keadaan jaman sekarang. Membuka tempat kursus komputer ini masih merupakan alternatif usaha yang bisa diharapkan memberi tambahan pendapatan bagi guru.

Selain itu, membuka kursus bahasa Asing pun bisa dijadikan target usaha diwaktu luang para guru. Bahasa Inggris misalnya, ini masih banyak dicari, terutama oleh mereka yang ingin bekerja diluar negeri. Bahasa Arab juga tidak kalah dengan bahasa Inggris, karena banyak juga orang yang ingin sekali menguasai bahasa Arab ini, tidak hanya untuk kebutuhan kerja, juga ada yang ingin lebih memahai ilmu agama Islam langsung dengan bahasa sumbernya.

2. Mengadakan Les Privat
Mengajar merupakan kegiatan yang sudah biasa bagi guru, hal ini merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha menambah pendapatan dengan mengadakan Les Privat. Belajar disekolah dengan jam yang terbatas terkadang ini menjadikan sebagian siswa ingin mengadakan belajar tambahan diluar sekolah. Hal lainnya adalah kenyamanan belajar seorang siswa yang kadang lebih fokus untuk belajar bila dalam kondisi yang tidak ramai.

Mata pelajaran matematika dan bahasa inggris adalah dua mata pelajaran sulit yang sering dikejar para siswa dengan cara mengikuti les privat. Jadi, usahakanlah menguasai dua pelajaran ini sebagai modalnya. Untuk tempat, gunakan rumah sendiri, tentunya dengan mempersiapkan ruangannya yang ditata untuk bisa dijadikan tempat belajar yang nyaman.

3. Beternak Jangkrik
Pada bagian ini mungkin sangat berjauhan dengan jenis pekerjaan guru. Tetapi, usaha beternak jangkrik bisa dilakukan oleh siapa saja, karena dalam proses pengurusannya relatif mudah, tidak terlalu manyita waktu bahkan modal yang dikeluarkan relatif sangat murah. Untuk cara praktek beternak jangkrik bisa dicari panduannya diinternet.
Sekecil apapun kegiatan usaha memiliki potensi untuk berkembang

Demikian, semoga tulisan ini bisa membantu memberikan ide atau motivasi untuk rekan guru yang berstatus honorer untuk memulai menciptakan usaha guna memiliki pendapatan tambahan untuk kebutuhan hidupnya. Semoga para guru diberi kesabaran, ketabahan serta jalan keluar yang baik dan barokah dari berbagai kesulitan yang dihadapi. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Kerja Sampingan Untuk Seorang Guru"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel