Ternyata Rekrutmen CPNS Tahun 2018 Dibawah Angka Pensiun

Ternyata rekrutmen cpns tahun 2018 dibawah angka pensiun, informasi yang ditulis sindonews online ini menggambarkan bahwa negara sedang serius dalam pengelolaan pegawai dan keuangan agar lebih efektif dalam penerapannya.

Ternyata Rekrutmen CPNS Tahun 2018 Dibawah Angka Pensiun

Selain itu, bahwa pengurangan jumlah calon pegawai negeri sipil ini juga untuk memprioritaskan pejabat dibidang pendidikan kesehatan serta jabatan-jabatan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah.

Jadi untuk ibu-ibu dan bapak-bapak yang bergerak dalam bidang pendidikan tidak perlu ciut keningnya ya, karena sektor pendidikan dan kesehatan yang menjadi target prioritas penerimaan cpns ini.

Jumlah pensiunan tahun 2018 diperkirakan hampir 250.000 orang, sementara kuota untuk CPNS sendiri hanya 200.000 orang. Kemudian yang menjadi target kedepannya bisa pengurangan CPNS ini bisa di tekan sampai angka 50% dari jumlah pensiunan.

Baca juga;
>> Tugas-dan-peran-guru-profesional
>> Guru-profesionalisme-dan-kewenangannya

Berikut cuplikan beritanya;

JAKARTA - Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dipastikan di bawah angka pensiun. Sementara angka pensiun sampai tahun depan disebutkan 250.000 pegawai negeri sipil (PNS). 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, Presiden dan Wakil Presiden menginginkan agar rekrutmen di bawah yang pensiun. "Presiden inginnya minus growth jadi tidak lebih dari 200 ribuan," kata dia di Jakarta, Sabtu (30/12/2017). 

Meski begitu, dia berharap setidaknya formasi untuk tahun depan minimal setengah dari jumlah pensiun. Dia juga mengakui hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. "Kita berharap minimal 50%. Ini terdiri atas pegawai pusat dan daerah. Porsinya ditentukan nanti berapa kemampuan negara," ucap dia. 

Lebih lanjut Asman mengingatkan ada beberapa jabatan yang diprioritaskan yaitu tenaga pendidikan dan kesehatan. Selain itu, dia juga akan melihat program-program prioritas di masing-masing daerah sehingga formasi yang diberikan harus dapat menunjang program tersebut. "Pegawai-pegawai yang menunjang pembangunan daerah misalnya daerah dengan konsentrasi pertambangan jangan sampai tidak punya ahli tambang. Kita akan berikan formasi sesuai dengan konsentrasi setiap daerah," ujar dia. 

Dia mengatakan, daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mendapatkan formasi. Daerah harus cermat agar belanja pegawai tidak membebani APBD. "Jadi kepala daerah perlu diperhatikan apa yang menjadi kebutuhannya. Kita akan lakukan pengawalan secara ketat terkait rekrutmen yang baru ini," kata Asman. 

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wang saat maja mengatakan, usulan tersebut didasarkan pada jumlah PNS yang pensiun sampai 2018. "Sebenarnya kami belum tahu berapa yang sudah disetujui berkaitan dengan keuangan negara 2018. Jadi yang pensiun 250.000, 38.000 PNS pusat dan sisanya daerah. Baru itu yang disampaikan ke Kemenkeu, tapi belum ada jawabannya," kata dia.

Demikian informasi mengenai "Rekrutmen CPNS Tahun 2018 Dibawah Angka Pensiun" semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mengintip peluang pekerjaan di wilayah ke-PNS-an. Tetap semangat.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *