Tips Menjaga Kesehatan Saat Perjalan Mudik

Tips Menjaga Kesehatan Saat Perjalanan Mudik | Sudah bisa dipastikan ketika melakukan perjalanan mudik yang panjang serta cukup menguras tenaga dan fikiran. Entah karena kelelahan sebab jarak, macat dan cuaca, sering kali membuat Anda akan jatuh sakit.


Agar masalah itu bisa dihindari saat mudik khususnya di Hari Raya Idul Fitri kali ini. Yuk, ikuti beberapa tips dibawah agar Anda tidak mudah jatuh sakit saat melakukan perjalanan mudik.

1. Cukupi asupan makanan bergizi

Makanan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi tubuh kita. Tidak hanya akan menjaga organ tubuh supaya bisa bekerja secara normal, tercukupi nutrisi dari makanan seperti vitamin C, zat besi, dan protein tetapi secara khusus bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi itu dari beragam makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

Jadi utamakan makanan untuk menjaga kekuatan tubuh Anda!

2. Perbanyak Minum air putih

 Air bukan saja bisa meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembaban tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air setiap di musim pancaroba penting untuk mencegah sakit.

Namun, kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari, antara lain 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari.

3. Tidurlah dengan cukup

Jika nutrisi serta air sudah tercukupi dalam tubuh Anda, maka Anda harus menyempurnakannya dengan tidur yang cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh Anda untuk bisa beristirahat. Jika Anda sering begadang dan kurang tidur maka organ tubuh akan kelelahan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh kita akan melemah dan bisa berakibat jatuh sakit ketika melakukan perjalanan mudik.

Cobalah untuk mengatur jam tidur dan bangun Anda sebelum dan saat melakukan perjalanan mudik. Hindari aktivitas yang bisa mengganggu tidur Anda.

4. Biasakan Tubuh Anda Bergerak dengan melakukan olah raga

Cuaca akan terasa ekstrim ketika melakukan perjalanan mudik dan cendrung terasa tidak menentu. Jangan jadikan ini sebagai alasan. Pasalnya, olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh Anda. Apalagi jika ingin Anda tidak ingin jatuh sakit di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, Anda bisa mencoba untuk lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Jadi coba lakukan tips di atas untuk mecegah penyakit datang saat mudik Lebaran di musim pancaroba.

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Saat Perjalan Mudik"