Tips Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Mengenai cara investasi yang tepat dan benar ternyata masih banyak orang yang tidak tahu. Kadang kala dalam pikiran mereka menganggap investasi itu muda, tetapi kenyataan yang mereka dapati ternayat tidak seperti itu. Tidak jarang investor muda dan para pemula terjerumus dan akhirnya kehilangan dana yang di investasikan.

Padahal jika investor pemula itu menginvestasikan uangnya dengan benar, sangat dipastikan kesuksesan itu akan dia dapatkan. Tentu saja hal tersebut akan meningkatkan kekayaan yang bersih di pasar saham.

Berikut ini adalah tips berinvestasi untuk para pemula yang penting diketahui dan dipahami sebelum melakukan investasi.

Tips Investasi Yang Tepat Bagi Pemula Dan Pengusaha Muda

1. Aturlah tujuan yang ingin Anda capai dengan investasi

Tujuan adalah bagian terpenting yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan ini. Tujuan itu ada yang berbentuk jangka pendek dan bersipat temporal ada juga tujuan jangka panjang yang bersipan kontinyu. Dalam investasi tujuan ini harus dari awal sudah diatur dengan pasti. Seperti menambah cadangan dana untuk sekolah anak, biaya hari tua dan lainnya. Untuk tujuan itulah Anda berinvestasi. Yang paling penting adalah melakukan penelitian mengenai lamanya waktu serta jumlah uang yang harus tercapai untuk sampai ditujuan itu.

Inilah yang dinamakan dengan berpikir realistis sebelum melakukan investasi.

2. Kenalilah risiko yang akan dihadapi ketika berinvestasi

Dalam setiap urusan, tidak hanya dalam pekerjaan pasti akan ada resiko yang harus dihadapi, begitu pula dalam berinvestasi. Ingat jangan terlalu berlebihan dalam berinvestasi, terlalu banyak investasi akan menyulitkan Anda dalam pengelolaan. Buatlah keputusan Anda berdasarkan logika yang jelas. Selama investasi anda dilakukan dengan jelas, Anda tidak akan kehilangan uang yang sudah Anda investasikan. Hal yang pentinnya adalah Anda tidak akan membuat keputusan yang keliru ketika Anda benar dalam mengambil keputusan.

Inilah cara yang diperlukan dalam mengambil keputusan sehingga akan menguntungkan investasi Anda dalam jangka panjang.

3. Belajarlah untuk memahami dasar-dasar investasi

Memahami uang Anda yang akan di investasikan harus secara maksimal dan pasti. Karena bila Anda memiliki pemahaman yang lemah tentang uang Anda, sudah dipastikan keputusan investasi Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar. Selain memahami uang Anda, Pahami juga hal-hal yang sangat mendasar dalam investasi. Kenalilah jenis-jenis investasi yang tersedia yang sesuai dengan Anda, Sehingga bisa membuat dan mengembangkan uang yang dinvestasikan dalam kelipatan yang banyak.

Inilah cara mendasar yang harus Anda pelajari sebelum berinvestasi.

4. Gunakanlah uang yang dingin dan pribadi

Berinvestasi adalah menyimpan uang sekaligus menggelindingkan uang itu supaya bisa berkembang. Untuk hal itu maka uang yang di jalankan dalam investasi harus uang yang tidak terikat apapun. Uang dingin adalah uang yang memang tidak akan diambil dalam keadaan mendesak, karena hal mendesak sudah disediakan dari uang lainnya. Janganlah berinvestasi dengan uang yang sedang dijalankan, baik untuk usaha ataupun untuk kebutuhan hidup. Jangan pula berinvestasi dengan uang yang dihasilkan dari pinjaman, atau yang dipinjam dari bank. Dengan investasi model ini tidak akan mendatangkan margin yang Anda harapkan, bahkan bisa lebih memberikan kerugian bagi Anda.

Inilah arti investasi sesungguhnya, yaitu mengembangkan uang yang memang murni sebagai uang yang tidak digunakan untuk hal lain, atau uang yang memang bukan milik utuh bagi Anda.

Setelah ke-4 hal diatas ada pada Anda, berinvestasilah dengan perasaan nyaman. Karena investasi yang Anda lakukan adalah investasi yang sangat bermartabat dan akan memberikan keuntungan paripurna bagi Anda. Yakinlah bahwa kenyamana adalah buah dari kejujuran serta ketulusan dalam menbangun kemandirian untuk lebih manfaat bagi orang disekeliling Anda.

Baca Juga : Tips-membangun-usaha

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *