5 Tips Menata Ruang Kerja Kita Agar Lebih Nyaman

5Tips Menata Ruang Kerja Kita - Kantor merupakan rumah kedua tempat singgah di separuh kehidupan kita, karena sepertiga hari kita rata-rata dihabiskan di kantor. Oleh karena itu, tentunya sangat penting bagi kita menata kantor menjadi nyaman supaya mendukung kegiatan kita dalam bekerja.

Karena itulah, banyak perusahaan yang menata kantornya sehingga menjadi tempat yang baik dan nyaman bagi semua staf dan karyawannya, bahkan melebihi kenyamanan rumah mereka.

5 Tips Menata Ruang Kerja Kita Agar Lebih Nyaman Bagi Kita

Jika kita ingin memulai menata ruang kerja atau kantor, ada baiknya kita memahami 5 tips berikut! Tentu saja yang menjadi tujuan adalah demi menciptakan ruangan kerja yang nyaman dan dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan kita.

1. Letakkan Layar Komputer Kita Sejajar Dengan Mata

Salah satu hal yang seringkali menjadi penyebab leher sakit adalah posisi komputer yang tidak sesuai dengan posisi mata ketika kita bekerja di depan komputer. Akibatnya, sepanjang hari kita terus-menerus melihat komputer dalam posisi duduk sambil menunduk.

Ini adalah hal pertama yang harus di perhatikan dan ditata ulang yaitu mulai meninggikan tempat laptop atau komputer sampai layarnya sejajar dengan mata kita. Selain itu kita juga harus mengetahui bagai mana posisi yang tepat untuk layar komputer sesuai dengan posisi tempat duduk di dalam ruangan kerja kita.


2. Tempatkan Papan di Sisi Meja Kerja

Guna menata ruang kerja atau kantor menjadi lebih efisien, salah satunya adalah posisi atau letak papan pajang yang akan di isi dengan segala hal yang harus kita kerjakan, seperti jadwal rapat, serta berbagai hal penting lainnya.

Selain papan yang memiliki magnet untuk menempel kertas, kita juga bisa menggunakan sticky notes untuk menempelkan kertas-kertas yang bertuliskan berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan kita. Jika suatu pekerjaan sudah selesai, kita tinggal mencabut sticky note tersebut, sehingga hanya hal yang belum selesai dikerjakan yang ada di papan pajang kita.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk menggantung kalender kecil di samping papan pajang yang bisa dengan mundah kita jangkau ketika ingin menandai hari-hari penting sesuai dengan agenda kerja kita.

3. Sertakan Tanaman Hidup Didalam Ruangan Kerja Kita

Bila tempat kerja kita berada di ruangan tertutup, maka penting sekali bagi kita untuk menyertakan  tanaman hidup sekaligus sebagai hiasan di meja kerja kita. Itu pun tidak perlu yang besar serta yang mudah dalam merawatnya, seperti sukulen, kaktus, atau bambu Cina untuk diletakkan di ujung meja. Ini bisa kita coba di sana.

Tumbuhan dari jenis sukulen dan kaktus memang memiliki banyak spesies dan warna yang menarik, sehingga dapat mencerahkan meja kerja kita. Apalagi tumbuhan tersebut tidak perlu disiram terlalu sering dan dapat tumbuh dengan baik di ruang tertutup.


Selain untuk memperindah ruangan kerja kita tumbuhan yang ada di meja kita sebenarnya dapat memberikan energi positif bagi kita, bahkan setiap orang yang memandangnya, sehingga meja kerja kita bisa semakin terlihat hidup.

4. Tempatkan Foto Keluarga Kita

Agar kita bisa bekerja dengan lebih semangat, Tempatkanlah foto keluarga di meja kerja kita. Aturlah dengan sedemikian rupa, pastikan foto tersebut berada di posisi yang mudah kita lihat tanpa mengganggu kegiatan pekerjaan kita.

Foto keluarga kita selain di pajang di salah satu sudut ruangan atau meja kerja kita, juga bisa di pasang sebagai wallpaper di laptop atau komputer kita, sehingga setiap kali kita memulai pekerjaan, kita akan selalu ingat bahwa ada orang-orang yang menantikan kesuksesan kita di rumah.

5. Rapikan Segala Sesuatu Setelah Selesai Bekerja

Di meja kerja kita, biasanya akan berserakan berbagai macam alat tulis kantor dari mulai pensil, pulpen, kertas, penggaris, selotip, dan sebagainya. Jadi sebaiknya cepat di rapikan apabila kita sudah menyelesaikan pekerjaan kita.

Hal-hal yang berserakan di meja kita, atau di ruang kerja kita sangat berpengaruh pada tingkat  produktivitas kita dalam bekerja. Oleh karena itu, penting bagi kita selalu mengulangi untuk menatanya secara teratur.

Simpan kembali semua peralatan dan berbagai hal yang menjadi pelengkap atau penyangga pekerjaan kita pada tempatnya yang semula. Ini bertujuan, untuk memudahkan anda menemukan kembali peralatan yang ingin kita pakai ketika kita akan kembali melakukan pekerjaan. Dengan begitu setiap pekerjaan yang akan dilakukan dengan cepat dan kita bisa lebih produktif dalam melakukan pekerjaan berikutnya.

Itulah sekelumit tips menata ruang kerja kita dan sangat penting untuk dicoba. Yang menjadi tujuannya adalah guna meningkatkan produktivitas kita dalam melakukan semua pekerjaan kita. Dengan tingkat peodiktivitas yang tinggi, maka tidak akan ada pekerjaan yang terlambat dalam menyelesaikannya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *