Memahami Cara Meraih Kesuksesan

Memahami Cara Meraih Kesuksesan - Bagi semua orang tidak hanya pada yang terjun ke dunia bisnis saja, kesuksesan adalah mimpi dan rencana besar yang selalu dinanti, baik dalam karier, jabatan terutama bisnis. Hal itulah yang selalu menjadi tujuan utama bagi semua orang, terutama yang memiliki ambisi dan semangat yang tinggi dalam melakukan sesuatu demi keberhasilan selama menjalani kehidupan mereka.

Memahami cara meraik kesuksesan dalam setiap bidang kehidupan

Bila seseorang mengalami kesuksesan dalam dunia bisnis pada umumnya akan membuat kehidupan pribadinya pun ikut sukses. Kemampuan ekonomi yang dimilikinya membuatnya mampu memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Yang menjadi sebab, hampir semua hal dan juga urusan di dalam kehidupan setiap orang akan selalu bergantung pada nilai uang. Kendati dalam faktanya, kesuksesan bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan. Kesuksesan sangat bergantung pada kemampuan yang dimiliki seseorang terutama dalam menyikapi berbagai hambatan.

Secara garis besar, kesuksesan disetiap bidang kehidupan bisa saja didapatkan dengan menerapkan sejumlah tahapan dan langkah yang dipahami dan dikuasai oleh diri sendiri. Pada awalnya, hal ini mungkin terasa sulit, terutama untuk beberapa poin yang tidak biasa dilakukan oleh seseorang. Tetapi, jika dilakukan dengan tepat dan kontinyu, apa yang sudah dipahami dan dikuasai oleh diri sendiri lah yang akan membantu menuju kesuksesan yang di impikan.

Hal pertama yang wajib ditanamkan dalam diri adalah komitmen yang kuat untuk meraih sebuah kesuksesan. Komitmen adalah modal besar yang bisa dipakai untuk memacu kemauan seseorang.  Keinginan yang besar untuk maju dan meraih kesuksesan tidak akan menjadi apa-apa bila tidak di ikat dengan komitmen yang jelas.


Komitmen akan membantu seseorang untuk tetap stabil di jalur yang telah menjadi pilihannya. Pilihan ini bisa jadi dalam hal yang besar seperti bisnis, jabatan bahkan dalam hal yang sesederhana menjadi seorang ayah yang baik bagi anak-anaknya. Semuanya akan bisa di raih dengan memiliki komitmen yang jelas dan pilihan kesuksesan yang jelas. Membiarkan diri tanpa komitmen yang jelas, sama halnya dengan mengukir kegagalan hidup.

Selain komitmen yang wajib di miliki oleh seseorang, demi meraih kesuksesan itu adalah memahami bagaimana cara bersikap, tidak hanya pada permasalahan yang muncul, tetapi juga sikap dalam menghadapi setiap orang yang ada di sekelilingnya. Sikap yang jelas, memiliki pengaruh yang besar pada keberhasilan seseorang dalam meraih kesuksesan hidupnya. Sikap sangat berhubungan erat dengan etika dan estetika atau dalam bahasa Islam sering disebut sebagai akhlak. Maka dalam bagian akhlak inilah rumusan kesuksesan sangat jelas dan nyata.

Rata-rata, orang yang sukses adalah orang yang berhasil membangun akhlak. Sehingga dengan siapaun dia berhadapan akan selalu memperlihatkan hal-hal yang positif, seperti ; rendah hati, ramah, tidak mengeluh, sopan, hormat dan lain sebagainya. Artinya orang sukses sangat peka dan memahami lingkungan dimana dia menjalankan kehidupannya. Hal itulah yang membuat dia memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk mewujudkan segala hal yang di inginkannya.


Orang sukses adalah orang yang berani menghargai dirinya sendiri, mulai dari kesehatan, keselamatan dan berbagai hal lainnya. Setiap tindakan yang dilakukan, akan selalu diukur dari kapasitas yang dimilikinya, tidak memaksa juga tidak terlalu bertahan. Orang sukses sangat mengerti pada porsi kebutuhan yang diinginkan dan ini pula yang membuatnya selalu mengalami perkembangan yang berkelanjutan dalam setiap kegiatannya termasuk dalam bisnis yang dijalankannya.

Salah satu bagian dari memberikan penghargaan terhadap diri sendiri adalah kemauan untuk memberikan yang terbaik kepada diri sendiri. Namun, tetap menjaga batas etikanya, karena bila melampaui batas etika sama saja dengan egois. Sebuah keegoisan bukanlah bagian dari memberikan penghargaan kepada diri sendiri, melainkan akan memenjarakan seseorang dalam ketidak pastian. Memberikan yang terbaik kepada diri sendiri berarti memacu kemauan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan positif.

Sehingga ketika seseorang berhasil meraih kesuksesan dalam setiap hal yang dia jalani dalam hidupnya, dia tidak akan berubah menjadi manusia yang kaku, tidak dinamis tetapi semakin membuatnya memiliki ruang gerak yang bebas, dimanapun, kapanpun, dengan siapapun. Sehingga nilai lebih dari kesuksesannya bisa dinikmati. Nilai lebih dari kesuksesan adalah kenyamanan hidup dimanapun berada. Khoirunnas anfa'uhum linnas, inilah nilai lebih dari sebuah kesuksesan.

Selain hal di atas, yang juga tidak kalah pentingnya untuk dimiliki seseorang yang ingin meraih kesuksesan hidup adalah kemauan untuk belajar dan selalu mau mempelajari hal-hal baru yang muncul dalam hidupnya. Baik dalam masalah bisnis, hubungan sosial, perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai hal yang akan selalu muncul dalam hidupnya. Kemauan untuk mempelajari hal baru ini adalah bagian utama dari karakter pribadi yang dimiliki orang berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya.


Untuk zaman now, belajar bukan lagi sesuatu yang sulit, namun bila memang kesulitan itu muncul, maka hakikat dari kesulitan itu adalah masalah yang muncul dari kemauan yang tidak di bangun dan dipola dengan benar. Sehingga kemauannya hanya sebatas angan dan hayalan saja.

Terakhir dari tulisan ini; kesuksesan sesungguhnya adalah dimana seseorang berhasil melalui prosesnya.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Cara Meraih Kesuksesan "

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel