Tutorial blogger dari awal sampai bisa menghasilkan uang

Tutorial blogger dari awal sampai bisa menghasilkan uang - Blogspot merupakan platform layanan untuk membuat blog secara gratis dan yang paling penting adalah sangat mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun. Bila ternyat pemula menganggapnya ribet ya itu wajar namanya juga pemula, tapi yang penting mau belajar.

Tutorial blogger dari awal sampai menghasilkan uang yang halal

Karena alasan itu, maka saya berinisiatif untuk membuat tutorial membuat blog dengan platform blogspot dari awal sampai pemula jadi bisa membuat blog sendiri. mudah-mudahan bisa membantu mencerahkan para sahabat pemula yang ingin belajar membangun blognya hingga menjadi blog yang profesional. hehehe....

Kenapa blogger.com yang menjadi pilihan?

Betul sekali, selain blogger.com sebenarnya masih banyak plarform lain yang bisa dijadikan alternatif untuk membangun blog. Tetapi karena memang faktanya layanan ini lebih mudah bagi semua orang, maka di Indonesia banyak yang memilih blogger dot com.

Alasan-alasan orang memilih blogspot atau blogger.com karena; gratis, mudah digunakan oleh pemula sekalipun, kelengkapan fitunya, bisa digunakan untuk lahan pencaharian, lebih menjamin kenyamanan karena langsung dikelola oleh emabh google sehingga merasa aman. hehe

Cara membuat blog di blogger

Membuat blog di blogger.com terbilang sangat mudah, tentunya dengan syarat yang tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu memiliki akun di google. Jadi kalau kamu belum punya akunnya, ya kamu tinggal bikin aja ya. Nah kalo kamu sudah punya akun google nya  tinggal langsung praktek membangun blognya. Silakan kamu simak caranya berikut ini:

  • Ketik https://blogger.com di browser kamu! bisa pake crome, firox dan lain-lain.
  • Kemudian kamu akan di minta untuk login menggunakan akun Google yang tadi telah kamu buat.
  • Lalu kamu klik “Buat profil Google+” tapi kalo sudah punya profil Google+ maka langsung lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Klik “Lanjutkan ke Blogger”
  • Klik “Blog baru” untuk membuat blog baru
  • Isi detail blog kamu dengan judul dan deskripsi yang sesuai dengan keinginan kamu, setelah itu klik “Buat blog!”
  • Sampai sini kamu sudah berhasil membuat Blog yang baru. Untuk melihat blog sobat tinggal klik tombol “Lihat blog”

Cara membuat dan memposting artikel

Setelah kamu sukses membuat blog, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memulai mengisi blog kamu dengan konten tulisan atau artikel yang kamu buat sendiri. Memposting artikel di blog merupakan pekerjaan yang sangat mudah. Intinya kamu mau menuliskan ide dan gagasan kamu lewat tulisan yang kemudian kamu pajang di blog yang telah kamu bangun itu.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat konten artikel untuk di posting di blog kamu;

  1. Setelah kamu masuk ke https://blogger.com menggunakan akun google, sekarng kamu tinggal klik tombol bertuliskan entri baru.
  2. Setelah itu kamu akan mendapati halaman editor untuk membuat artikel. Dihalaman ini kamu akan mengisi kolom kosong paling atas untuk menuliskan judul artikel yang akan kamu buat, kemudian di bawahnya ada ruang kosong yang lebar dan memanjang ke bawah dan disanalah kamu akan menempatkan tulisan kamu.
  3. Masih di laman editor. Setelah kamu selesai menulis, selanjutnya kamu lirik menu-menu yang berbaris di sebelah kanan! Label untuk membuat kategori tulisan, jadwal untuk menjadwal publikasi konten dan sebaiknya pilih otomatis, link untuk memastikan link konten kamu sesuai dengan judul tulisan kamu, lokasi adalah untuk mengisi alamat lokasi kamu ketika mempublikasikan konten dan Deskripsi untuk membuat synopsis singkat dari isi konten kamu.
  4. Setelah artikel kamu selesai kini tinggal mengklik “Publikasikan” 
  5. Kini tulisan kamu sudah bisa dilihat di blog kamu dan bisa di baca oleh semua orang di dunia ini secara online.
Intinya membuat konten blog dan mempublikasikannya itu ternyata sangat mudah bukan?. Selanjutnya tingkatkan kemampuan menulis kamu, agar setiap tulisan yang kamu publikasikan memberikan manfaat bagi banyak orang sehingga blog kamu akan mendapatkan banyak pengunjung.

Cara memasang widget

Selain postingan, yang tidak kalah pentingnya untuk di pahami adalah cara memasang widget atau di blogger sering disebut gadget. Widget di dalam blog itu bisa dengan mudah di pasang dan di lepas.

Selain itu widget ini sifatnya opsional, nggak harus dipasang di blog. Jadi kamu bisa membuat blog tanpa memasang widget sama sekali. Cuma yaa tampilannya akan aneh dan kurang menarik, atau terkesan tidak kreatif. Heu...

Langkah-langkah untuk memasang widget atau gadget di blogger adalah sebagai betukut: 

Pertama pastinya login dulu ke dasbor blog kamu yaa

Setelah login, klik menu “Tata Letak”

Di laman ini kamu akan mendapatkan banyak sekali tulisan “Tambahkan Gadget" nah kamu tinggal klik aja tulisan itu untuk menambahkan gadget kamu, misalnya Label, laman dll

Di sana kamu sudah disediakan beberapa gadget yang siap untuk kamu pasang. Cukup pilih widget yang benar-benar dibutuhkan untuk di pasang di blog kamu.

Widget apa saja yang perlu dipasang?

Pada awal-awal membuat blog biasanya para pemula selalu penasaran, termasuk dalam memasang widget di blognya. Tidak mengapa sii, namanya juga tahap awal, malah bagus, karena berarti kamu melakukan banyak eksperimen. Tetapi bila nanti sudah memahami semuanya maka harus di jadikan catatan itu adalah pasang widget yang diperlukan saja, semakin sedikit itu semakin bagus buat perkembangan blog kamu.

Widget yang paling penting di pasang di blog kamu itu antara lain; entri populer, laber, arsive dan profil. Sementara widget yang lain sebenarnya tidak masuk pada kategori yang penting. Sisanya adalah widget HTML/JavaScript, widget ini biasanya dipakai untuk memasang iklan dan banner yang lain.

Mengenal Menu-menu yang ada di blogger.

Hal yang juga sangat pentin buat kamu yang baru pertama kali memiliki blog adalah mengenal setiap menu yang berderet di samping kiri dashboar blogger kamu. Menu-menu tersebut bertujuan untuk memudahkan para blogger dalam mengelola blog yang di bangunnya.

Menu-Menu yang ada di dashboard Blogger itu kita akan langsung kita jelaskan di bawah ini:

1. Tombol “Entri baru” adalah tombol untuk membuat postingan atau artikel baru

2. Ikhtisar adalah menu untuk melihat statistik ringkas blog kamu, seperti melihat jumlah pengunjung dalam satu hari itu ada berapa?, jumlah postingan yang di baca berapa?, jumlah komentar yang masuk, jumlah pengikut dan lain sebagainya.

3. Postingan adalah menu untuk menampilkan daftar semua artikel yang ada di blog kamu, termasuk memberitahukan berapa posting yang sudah di publikasikan dan berapa yang masih dalam bentuk draft artinya kamu memiliki beberapa posting yang masih dalam tahap pembuatan.

4. Laman adalah menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar Halaman statis yang ada di blog kamu.

5. Komentar adalah menu untuk menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog kamu.

6. Google+ adalah menu untuk mengaitkan blog kamu dengan profil Google+ milik kamu

7. Kampanye adalah menu khusus buat kamu yang ingin mempremosikan blognya melalui Google AdWords (ingat, ini berbayar)

9. Tata Letak adalah tempat kamu mengatur tata letak blog dan juga tempat untuk memasang widget blog seperti widget artikel populer, atau widget pengikut bahkan widget iklan jika kamu ingin menayangkan iklan di blogmu.

10. Template adalah tempat untuk mengganti template atau theme blog kamu. Selain itu kamu juga bisa mengedit langsung template blog kamu melalui menu ini.

11. Setelan adalah tempat pengaturan blog kamu. Jika ingin mengganti judul blog, mengganti alamat, atau mengganti bahasa blog dan lain-lain maka kamu akan melakukannya di sini.

Oke kayaknya sampai disini dulu ya. Soalnya udah terasa pegal juga nih jemari terus-terusan di membelai tombol laptop tercinta ini. Insyallah akan di lanujukna pada bagian berikutnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *