2 Cara Yang Penting Dilakukan Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Yang Penting Dilakukan Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kesuksesan adalah mengatur keuangan rumah tangga kita. Keuangan rumha tangga harus memiliki perhatian paling tinggi ketimbang pendapatan itu sendiri. Apalagi bila biaya kehidupan rumah tangga bergantung pada gaji yang paspasan, maka disini sangat wajib melakukan kontrol yang fokus agar tidak menjadi beban berat di kemudian hari.

Besar kecilnya pendapatan seseorang akan mempengaruhinya dalam mengelola keuangan dengan pengelolaan yang tepat. Hal itu dikarenakan untuk menghindari defisit keuangan pada waktu yang akan datang. Kebutuhan rumah tangga bukanlah kebutuhan yang berada pada garis yang tetap, tetapi sering mengembang dan meningkat walau kadang menurun. Peningkatan kebutuhan rumah tangga ini, harus di siasati dengan baik, apalagi bila seseorang hanya memiliki sumber pendapatan yang tetap dari gaji bulanannya.  

2 cara yang penting dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga anda

Mending yang gajinya besar, setidaknya yang memenuhi setandar kehidupan yang layak, mengelola keuangan itu bisa lebih cermat dan tepat. Tetapi, bagi seseorang yang memiliki gaji kecil, dia akan mendapatkan kesulitan menyimpan uang, setidaknya untuk beberapa hal seperti: dana darurat, biaya kuliah, membeli kendaraan untuk penunjang pekerjaannya dan lain sebagainya. Malahan saking tidak seimbangnya pendapatan dan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari tidak jarang ada orang yang kehabisan uangnya pada pertengahan bulan. 

Kehabisan uang ditengah bulan itu faktor utamanya adalah ketidak mampuan dalam mengatur keuangan, bahkan ada yang malah jadi berprinsip kumaha engke (terserah nanti) saja, saking bingung mengelola keuangan hasil pendapatannya yang sangat kecil itu. Bila sudah seperti ini, sangat dihawatirkan dengan keadaannya dimasa yang akan datang. Terlalu banyak spekulasi dengan meminjam uatang, malah besar kemungkinan akan menjadi beban yang sangat berat di masa depan.

Disatu sisi, setiap keluarga pasti memiliki keinginan yang diidamkannya, seperti rencana liburan, memperbaiki atau membangun rumah yang layak, membeli kendaraan, biaya pendidikan anak dan bekal untuk hari tua. Nah berbagai keinginan itu tidak akan mungkin bisa diwujudkan kecuali dengan tersedianya keuangan. Oleh karena itulah penting sekali memiliki cara untuk mengatasi keuangan kita agar setiap hal yang direncanakan didalam rumah tangga akan bisa diwujudkan.

Mungkin cara dan strategi dibawah ini bisa menginspirasi Anda dalam hal pengelolaan keuangan bahkan bisa terinspirasi untuk meningkatkan pendapatan Anda, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengelola keuangan Anda.

Baca Juga :
--> Cara-berinvestasi-yang-efisien
--> Bekerja-di-rumah
--> 6-cerita-inspiratif-pengusaha-sukses

1. Pernahkan Anda Mengevaluasi keuangan Anda?, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran?

Dari sekarang cobalah luangkan waktu sedikit saja, untuk memikirkan atau merenungkan kembali keuangan Anda. Berapa besarkah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk memenuhi setiap kebutuhan keluaraga Anda. Kajilah kebiasaan berbelanja Anda, istri atau anak-anak Anda, sudah tepatkah dengan kebutuhan sebenarnya? atau malah banyak untuk sesuatu yang kurang bermanfaat. Dari sini akan bisa dipahami masalah yang sebenarnya yang harus diselesaikan.

Bila pendapatan Anda berfokus pada gaji, apakah sering devisit setelah dipakai kebutuhan atau tidak, ini akan sangat jelas, devisit atau tidaknya akan berhubungan langsung dengan permasalahan di atas, yaitu masalah kebiasaan.

Sehingga pengeluaran itu harus bisa dimaksimalkan, ukurannya 80 berbanding 20% dari pendapatan bulanan Anda. Nah yang 20% bisa di siapkan untuk menabung, uang darurat dan persiapan investai. Ini untuk yang gajinya kecil. Untuk yang sudah memiliki gajih yang lebih, maka kebutuhan itu bisa ditekan sampai angak 50%. Untuk yang bergaji besar dan lebih besar, kebutuhan bisa di tekan hingga 20% untuk tiap bulannya. Nah Anda termasuk yang mana?, maka tentukan keputusan Anda dengan bijaksana, namu tetap bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan maksimal.

2. Pernahkan Anda merencanakan belanja bulanan keluarga Anda?

Nah dari sini Anda harus berani memutuskan dan menentukan perencanaan kebutuhan bulanan Anda. Anda akan memfokuskan pada kebutuhan yang memang inti saja, sedangkan yang lainnya diukur melalui kemendesakan kebutuhan saja, jangan terlalu dipakasakan. 

Ingat, Pemborosan keuangan itu terjadi ketika Anda atau anggota keluarga Anda menggunakan uang untuk mengikuti keinginan. Dan harus di ingat pula keinginan belum tentu merupakan bagian dari kebutuhan Anda. Oleh karena itulah, cara terbaik dalam menggunakan pendapatan yang kecil adalah dengan membuat rencana belanja bulanan secara tertulis. Belanjakan uang yang ada sesuai dengan rencana yang telah dirilis tersebut. 

Kemudian ketika nanti Anda atau keluarga Anda akan membeli segala sesuatu yang dibutuhkan, Anda sudah memiliki anggaran yang pasti untuk berbelanja. Saat seperti ini Anda tidak boleh menggunakan uang melebihi anggaran yang telah ditentukan, karena bila ada uang yang tersisa setelah berbelanja kebutuhan, itu sudah dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Manfaat dari menggunakan anggaran tertulis itu dapat meminimalisir resiko kehabiskan uang karena membeli sesuatu yang tidak perlu.

Jadi tulislah rencana belanja kebutuhan Anda bulan ini, dan diskusikan dengan suami secara terbuaka.

Itulah 2 cara mendasar yang penting dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga Anda. Semoga bisa menjadi salah satu jalan keluar dari permasalahan keuangan yang sedang melanda. Semoga bermanfaat. Bial ada saran atau tambahan ide dan gagasan lain terkait tulisan ini, silahkan jangan sungkan untuk menuliskannya dalam kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Yang Penting Dilakukan Untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel