Cara mengganti dan memasang template blog

Cara mengganti dan memasang template blog - Salah satu fitur yang menjadi kelebihan blogspot adalah kita bisa mengganti template atau tampilan blog kita sesuai keinginan. Bahkan buat pemula yang ingin belajar mendalami cara mengutak-atik template blognya, sangat cocok sekali menggunakan blogspot ini.

Di blogger.com saat ini sudah ditambahkan template baru yang tidak kalah keren dalam modelnya dengan template premium milik para blogger tingkat master. Dimana template baru tersebut semakin memberikan keleluasaan bagi para blogger untuk memilih template yang paling cocok dengan seleranya. Selain template depault yang disediakan di blogspot, kamu juga bisa menggunakan template dari pihak ke 3, baik yang gratis maupun yang harus di beli.

Cara mudah mengganti dan memasang template blog

Tetapi melihat kenyataannya bahwa, jarang sekali para blogger menggunakan template depault yang disediakan oleh blogspot, ya mungkin karena terlalu sederhana kali yaa... Kemudian kalau ternyata kamu adalah salah satu bagian dari orang yang tidak puas dengan template depault dan ingin menggantinya dengan template pihak ke 3, maka kamu harus mengetahui cara menggantinya. Nah kebetulan sekali disini kita akan fokus membahas itu.
Untuk mengganti template blog kamu dengan template pihak ke 3, maka silahkan kamu ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan berikut ini:

1. Carilah template blog yang paling mewakili hati kamu
Jadi untuk mengganti template blog ini, sebelumnya yang harus kamu lakukan adalah mencari template blog di internet. Banyak sekali para programing yang sudah menyediakan temlate blog, baik yang gratisan maupun yang harus di beli terlebih dahulu. Penting sekali kamu mencari template blog yang sesui dengan keinginan jiwa kamu. Tentunya disesuikan dengan isi konten yang di publikasikan di blog kamu. 

Di luar sana banyak sekali penyedia template blogger, puluhan bahkan sampai ratusan, dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk mencari template yang gratis kamu bisa mencarinya di google dengan kata kunci "Free Blogger Templates" atau "Template blog gratis". Silahkan, kamu bisa mencobanya sekarang juga.

2. Meng-extract file template
Udah dapat templatenya? oke sekarang saya menganggap kamu sudah mendownload sebuah template yang gratis. Biasanya file template yang di download itu umumnya dalam format .zip atau .rar. Jadi itu belum bisa di pasang langsung di blog kamu, karena kamu perlu meng-extract file tersebut terlebih dahulu. Ok, sampai sini saya anggap kamu sudah paham cara meng-extract filenya.

Setelah diexstrack kamu pilih file dengan ekstensi .xml, nah file itulah yang nanti akan kamu ambil untuk di pasang ke blogger.

3. Memasang template yang sudah di extrack ke blogger
Untuk memasang file template yang sudah kamu miliki, caranya sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini:
  • Masuk ke dashboard blog sobat
  • Klik menu “Template”
  • Menu Template di Blogger
  • Klik tombol “Cadangkan / Pulihkan”
  • Sebelum memasang templatenya, klik dulu tombol “Unduh template lengkap” untuk mengunduh template yang sedang dipakai sebagai backup. Backup Template Blogger
  • Kalau templatenya sudah di-backup, selanjutnya klik “Choose File” dan pilih template baru yang akan kamu pasang itu.
  • Upload Template Blogger
  • Terakhir tinggal klik tombol “Unggah”
Selesai sudah template blog kamu diganti dengan template yang baru, untuk melihatnya sekarang silakan cek alamat blog kamu, agar kamu bisa melihat apakah templatenya sudah sukses terpasang atau belum.


Tetapi, eh tetapi, sampai sini belum berarti tugas sudah selesai, ini baru setengah jalan, karena setelah template kamu terpasang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Apa pekerjaan itu? ya pekerjaan yang selanjutnya harus kamu tempuh adalah mengatur kembali widget-widget yang terpasang di blog. Termasuk mengedit menu-menu yang ada di template.

Nah kira-kira begitulah cara mengganti template di blogger. Bener-bener gampang. Jadi jangan dibikin ribet. Langsung saja eksekusi, masalah ada sedikit kendala itu mah wajar, namanya juga kan lagi belajar. heheh... ok, sampai disini doeloe dan hatur tengkiyu.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *