Contoh Usaha Kecil-Kecilan Yang Menjanjikan

Contoh Usaha Kecil-Kecilan Yang Menjanjikan - Betul sekali, banyak halangan dan rintangan yang harus dilalui ketika ingin memulai usaha atau bisnis sendiri. Terutama bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki modal dan ide untuk membuat usaha atau bisnis. Diantara persoalan yang muncul adalah "dari mana bisa mendapatkan modal?, ide usaha seperti apa yang harus dicari?, bagai mana cara memulainya?, kemampuaa apa yang aku miliki dan berbagai pertanyaan lainnya yang menjadi penghalang dan rintangan yang tidak ringan".

Contoh usaha kecil-kecilan yang menjanjikan keuntungan besar

Oleh karena itu, dalam tulisan ini mencoba membantu meringankan kamu yang mungkin memiliki persoalan-persoalan seperti di atas. Tetapi, kamu terdesak untuk memiliki pendapatan dan harus memiliki usaha. Bahkan untuk memulainya Kamu harus menghilangkan jebakan perasaan malu dan gengsi. Contoh sederhananya; Jangan-malu-menjajakan-gorengan

Sebagai langkah awal, cobalah sederhanakan ide kamu, sebelum nantinya kamu membuat ide-ide yang lebih besar untuk usaha yang akan kamu lakukan. Ide sederhana ini misalnya dengan melakukan usaha kecil-kecilan, seperti makanan, mainan dan lain-lain. Ingat, bila kamu memang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam berbisnis, maka usaha kecil-kecilan ini adalah hal yang paling logis sebagai pilihan ide kamu dalam memulai usaha.

Disini, berarti kamu sedang memikirkan peluang bisnis sendiri dengan modal yang terjangkau atau istilah sederhananya dengan modal kecil. Ingat jangan terfokus pada keuntungan besar sementara kamu masih minim pengetahuan dan pengalaman dalam berbisnis. Jadi jangan sampai tersilaukan dengan keuntungan besar atau sebaliknya jangan ragu dengan keuntungan yang bisa didapat dari usaha kecil. Ingat sekecil apapun usaha yang kita lakukan pasti akan memberikan keuntungan dan Sekecil-apapun-kegiatan-usaha-memiliki-potensi-untuk-berkembang.

Untuk merintis usaha dari nol, peluang bisnis dalam skala kecil dan modal yang kecil adalah bidikan yang sangat masuk akal, cocok untuk awalan kegiatan usaha dengan resiko yang sangat kecil. Kemudian yang paling penting dengan bidikan di peluang usaha kecil kecilan ini adalah belajar untuk menemukan cara dan strategi kamu dalam menentukan target pembeli atau konsumen yang jelas akan memberikan keuntungan.

Bahkan dalam kacamata negara, pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia mempunyai peranan penting dan telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perekonomian dan pembangunan negara.

Usaha kecil kecilan akan bisa bertahan dan terus berkembang dengan mengutamakan kreativitas dan produktivitas. Dari dua hal sederhana inilah sebenarnya para wira usahawan yang berhasil sukses hingga menjadi pengusaha besar. Setidaknya kreatifitas ini menjadi modal paling mendasar yang bisa terus dijalankan untuk mempertahankan serta mengembangkan usaha yang di bangun dari modal yang kecil.

Market atau pasar kecil kecilan ini juga bisa lebih baik dengan mengelola target pasar yang jelas, contohnya jangan menarget orang tua, bila kamu berjualan mainan anak, kendati orang tua yang sebenarnya akan menjadi pembeli. Keinginan anak rata-rata tidak bisa dibendung oleh orang tua. 

Sebenarnya banyak sekali model usaha kecil yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan usaha kecil kecilan yang akan dirintis dan di kembangkan. Model-model ini sering sekali kamu temukan dilingkungan kamu sendiri. dan itulah yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat ide bisnis yang paling sesuati dengan kamu terutama dengan modal yang kamu miliki.

Berikut contoh usaha kecil kecilan yang sering terlihat dilingkungan sosial masyarakat di manapun;

  • Jualan kue gorengan sebagai usaha rumahan
  • Usaha minuman coklat dan jus buah buahan
  • Usaha kuliner warung mie pangsit
  • Jualan mainan anak anak di sekolah
  • Usaha warung kopi sederhana 
  • Sukses usaha kreatif cutting sticker
  • Usaha jasa potong rambut pria
  • Usaha dagang menjual sayur keliling
  • Menjalankan bisnis musiman seperti menjual terompet di tahun baru

Contoh usaha kecil kecilan di atas, bahkan ada yang hanya bermodalkan kreatifitas, seperti potong rambut. Kemudian masalah sebenarnya yang sering muncul dalam usaha keci kecilan ini bahkan sering menjadi kesulitan bagi para pelakunya adalah lemahnya pengelolaan dalam keuangan, sehingga keuntungan yang di dapat sering di artikan sebagai tidak memberikan hasil.

Sering kali, kebutuhan uang untuk permodalan tidak dipisahkan dengan kebutuhan untuk bekal sehari-hari. Percampuran seperti ini harus segera dikelola dan di pisahkan dengan manajemen yang tepat. sehingga bisa melihat sejauh mana, dan sebesar apa keuntungan usaha yang sudah di dapatkan dan dari sini bisa mengetahui bagai mana strategi untuk mengembangkan usaha yang dilakukan sehingga bisa meningkatkan hasilnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *