Kenapa harus berinvestasi sejak dini?

Mungkin Kamu akan bertanya kenapa harus berinvestasi sejak dini? ya, jika kita mengerti, bahwa kehidupan dimasa depan itu sangat bergantung pada kesiapan kita saat ini. Kesiapan itu meliputi, keinginan, keterampilan, keahlian, kecakapan, keilmuan, kebiasaan dan berbagai hal yang menyangkut kebutuhan yang harus direncanakan dengan serius.

inilah alasan Kenapa harus berinvestasi sejak dini

Ibarat kata, ada anak muda yang ingin memiliki sepeda motor seharga 15 juta, kemudian dia menabung selama 5 tahun dengan menyisihkan uang jajannya dan mencari penghasilan lain. Sepintas hal ini sangat baik dan hebat, melihat keinginannya yang kuat. Tetapi, bila dilihat dari caranya maka kemungkinan besarnya dia akan kecewa, karena setelah uangnya terkumpul 15 jt, kemungkinan besar harga motor sudah naik karena telah mengalami kenaikan harga.

Nah, dari contoh kasus ini menjelaskan bahwa beinvestasi itu sangat berbeda dengan hanya sekedar menabung. Investasi berarti menyimpan uang dan mengembangkannya sehingga dalam waktu tetentu nilai uang akan lebih besar dari nilai yang diinvestasikannya.

Seperti menginvestasikan uang sebesar 1 juta pada seorang teman yang memiliki bisnis kuliner dan menyepakati prosentase keuntungan yang akan didapatkan per periodenya. Nah maka hal seperti ini lebih positif dibandingkan dengan cara nabung pada contoh pertama di atas.

Menabung dan investasi sama-sama menyimpan uang, tetapi menabung tidak bisa menjaga nilai uang dan tidak berkembang dan sangat berbeda dengan investasi.

Dari sejak dini harus ditanamkan bahwa uang yang dihasilkan itu harus disisihkan sebagian, jangan sampai dikonsumsi semuanya. Disisihkan ini tidak hanya di tabung tapi harus dikembangkan.

  Baca : Cara-berinvestasi-yang-efisien

Jadi cara berpikir kita tentang uang dan tentang hari esok dan seterusnya harus memiliki konsep yang jelas. Bahwa uang itu bukan hanya alat untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan pada saat ini, tetapi merupakan nilai yang bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang akan muncul di masa depan.

Untuk mendapatkan uang, perlu proses dan kerja keras, tetapi setelah mendapatkan uang jangan sampai hanya disimpan saja dibawah bantal tetapi harus punya keinginan bagaimana supaya uang itu bisa berkembang, sehingga nilainya bisa terus mengikuti inplasi yang terjadi disetiap waktunya.

  Baca : Tentukan-tujuan-sebelum-berinvestasi

Investasi bukan jaminan untuk membuat seseorang menjadi kaya raya, tetapi dengan investasi kesulitan hidup yang akan muncul dimasa depan akan lebih teratasi. Intinya dengan berinvestasi seseorang akan lebih memiliki kesiapan untuk menghindari kesulitan hidup disaat produktivitas sudah sangat menurun.

Inilah alasan kenapa harus berinvestasi sejak dini dan semoga info ini bermanfaat untuk kamu dan kita semua. Terima kasih

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *