Rahasia Menjadi Yang Tersehat Sedunia Dari Anak-Anak Di Jepang

Rahasia Menjadi Yang Tersehat Sedunia Dari Anak-Anak Di Jepang - Mungkin Anda sudah pernah mendengar kalau kaum lansia di Jepang merupakan salah satu golongan manula dengan harapan hidup tertinggi di dunia. Ternyata hasil studi terbaru menunjukkan bahwa anak-anak di Jepang pun termasuk yang paling sehat di dunia. Penelitian ini dipublikasikan oleh The Lancet.

Rahasia Menjadi Yang Tersehat Sedunia Dari Anak-Anak Di Jepang

Dikutip dari Japan Insides, kesehatan anak-anak di Jepang erat kaitannya dengan kebiasaan makan sehari-hari mereka. Keluarga di Jepang terbiasa mengonsumsi makanan rumahan yang dimasak dengan nutrisi yang terukur. Rumput laut, tahu, ikan, nasi berkualitas yang kaya gizi merupakan santapan sehari-hari warga Jepang.

1. Konsumsi beras coklat
Untuk makanan pokok, anak-anak Jepang selalu makan beras khas Jepang yang warnanya kecokelatan. Beras ini sangat kaya air dan mengembang saat dimasak. Kandungan nutrisinya sangat tinggi dan memenuhi kebutuhan kalori lebih optimal.

Menu sayuran pun langsung diolah dan menggunakan teknik khusus. Bahan-bahan yang digunakan masih segar atau sudah melalui proses fermentasi yang menjadikan nutrisinya berlipat. Hal ini membuat sajian sayuran masih memiliki nutrisi yang tinggi saat dikonsumsi.

2. Makan dengan tenang dan fokus
Anak-anak di Jepang terbiasa makan dengan fokus. Di sekolah dasar, anak-anak dibiasakan makan bersama. Mereka menyiapkan area makan sendiri di kelas layaknya sebuah ruang makan raksasa.

Kebiasaan ini membuat anak-anak menikmati tiap suapan dan dengan kesadaran tinggi. Cara ini membuat mereka kenyang lebih lama dan merasa puas dengan apa yang dimakan.

"Bangun kebiasaan fokus dan rileks saat makan. Hal ini membuat anak makan dengan nyaman. Tunjukkan pada anak kalau makan adalah hal menyenangkan dan rasa makanan yang disajikan begitu lezat," ujar Tomomi Takahashi dari Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido.

Hal yang tak kalah penting adalah selalu sediakan waktu untuk makan bersama. Duduk bersama di meja makan dan menikmati serta bersyukur atas sajian yang ada. Bukan hanya membuat anak lebih sehat secara fisik tapi juga psikis.

Berita ini sudah di muat di Merdeka.com dengan judul : Anak-anak Jepang tersehat di dunia, apa rahasianya? (Kamis, 11 Oktober 2018 13:23)

Posting Komentar untuk "Rahasia Menjadi Yang Tersehat Sedunia Dari Anak-Anak Di Jepang"