10 Cara untuk Menggapai Segala Harapan Dalam Hidup

Menggapai semua harapan dalam kehidupan ini adalah impian bagi setiap orang. Tentu saja yang menjadi harapan adalah keberhasilan dalam setiap hal dikehidupan ini. Baik harapan untuk sukses dalam melakukan sebuah usaha, pekerjaan, pendidikan, hubungan dan lain sebagainya. Untuk mencapai harapan itu diperlukan cara-cara yang tepat.

Mewujudkan harapan bukanlah sesuatu yang sederhana. Saya pun sering mencoba dan mencoba untuk memperbaiki diri, baik sisi komitmen, motivasi dan lain sebagainya. Tetapi, itu memang merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Tidak jarang harapan itu malah bertemu dengan kebuntuan sebelum mencapai batas yang di inginkan.

Seperti ketika berusaha menciptakan sebuah usaha baru, tidaklah mudah. Gaji dari pekerjaan pokok yang menjadi kegiatan Saya, sangat susah menggunakannya untuk mencari sesuatu yang tidak Saya ketahui. Akhirnya sering memilih untuk mengurungkan diri dari upaya untuk mencoba. Kemudian Saya menemukan, mungkin saya terlalu nyaman berada dalam gaji dari pekerjaan yang sudah ada. Mungkin itu pula yang menghalangi Saya ketika ingin membuat sebuah lompatan melewati rasa takut dan perasaan tidak aman, Selain itu mungkin motivasi yang terlalu sederhana.

Kemudian dari perenungan yang dilakukan, Saya mencoba mencari jawaban dari kemungkinan permasalahan yang muncul terkait kegagalan yang sudah berlalu, dengan membaca dan mengikuti acara mentoring motivasi dari berbagai media. Akhirnya saya menemukan berbagai tip dan cara untuk menggapai segala harapan dalam hidup dari para pakar ternama, kendati masih dalam bentuk teori tetapi sudah memberikan jawaban dari pengalaman nyata yang dulu pernah dilakukan.

Ketika Saya mencoba merenungkan kembali pengalaman ketika mencoba membuat usaha baru, Saya memahami sesuatu yang berbeda dan terjadi ketika itu. Sesuatu yang mendorong diri saya melakukan sesuatu. Ternyata dorongan itu adalah imajinasi yang muncul di dalam diri dan kesuksesan yang saya lihat yang dimiliki oleh orang lain.

Dari pengalaman ini, Saya memutuskan untuk menuliskan apa yang saya temukan kepada semua orang lewat tulisan diposting ini. Seperti kamu yang ingin memperbaiki diri demi harapan untuk menggapai semua cita. Pengalaman yang pernah saya jalani, pelajaran yang saya dapati dari berbagai pelatihan dan dari hasil membaca saya rangkum dalam 10 Cara untuk Menggapai Segala Harapan  dalam hidup berikut ini;

Inilah 10 cara menggapai segala harapan dalam hidup


#1. Teguh pada keyakinan, bukan motivasi.


Ukur dan tingkatkanlah keyakinan kamu!, Seberapa besar keyakinanmu terhadap tujuan yang diharapkan?, seberapa penting harapan itu bagi kamu?, apa saja yang rela kamu korbankan untuk menggapai harapan itu?. Setelah kamu berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan keyakinan yang nyata, maka motivasi akan segera menyusul dan menjadi bahan bakar yang siap mendorongmu melakukan pekerjaan untuk menggapai harapan yang diimpikan.

#2. Carilah ilmu pengetahuan, bukan hasilnya.


Dengan ilmu dan pengetahuan yang terus bertambah akan semakin memperkaya wawasan kamu dalam berbagai hal. Kamu akan fokus dalam melakukan peningkatan kemampuan, penelitian dan percobaan, maka motivasi untuk melakukan sesuatu otomatis terdorong. Lain halnya bila kamu fokus dalam mencari hasil, maka motivasi kamu akan meredup bahkan hilang ketika bertemu dengan masalah yang merintangi usaha kamu.

Jadi, kunci utamanya adalah kamu harus fokus pada proses yang harus dilakukan, bukan pada hasil yang telah dijadikan target tujuan. Selama melakukan proses tetaplah belajar, pelajari setiap hal yang memang akan selalu dihadapi selama perjalanan proses dilangsungkan dan kamu memahami tentang sesuatu yang harus diperbaiki bila ada proses yang pernah keliru dilakukan.

#3. Ciptakan Suasana Seru Ketika Melakukan Proses


Anggaplah pekerjaan yang sedang berjalan adalah permainan yang mengagumkan buat diri kamu! Karena, ketika sebuah pekerjaan dilakukan dengan terlalu serius akan membebani kamu dengan emosi yang berat, bisa jadi itulah yang selama ini membuat kamu kehilangan semangat ditengah proses yang sedang kamu kerjakan.

#4. Lenyapkan pikiran yang kaku


Ingatlah! Perasaan itu sangat dipengaruhi oleh setiap pikiran yang muncul didalam benak seseorang. Kemudian perasaan akan mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap setiap pekerjaan yang kamu lakukannya. Didalam benak setiap orang akan ada banyak pikiran dan akan selalu menawarkan banyak pilihan tentang apa yang harus didahulukan.

Namun, secara umum pilihan yang ditawarkan oleh pikiran itu ada dua jenis;
  • pilihan yang akan membuat seseorang terjebak dalam rasa takut dan ragu serta 
  • pilihan yang akan membuat seseorang maju. Melakukan pekerjaan dengan kegembiraan, memiliki kebebasan berekspresi, selalu ingin bereksperimen terkait hal-hal yang baru.

#5. Gunakanlah imajinasi.

Setelah pikiran negatif yang kaku itu dihilangkan dari benak kamu, maka selanjutnya adalah menggunakan imajinasi yang kamu miliki. Imajinasi akan membangkitkan energi positif bila dilakukan dengan benar. Dalam hal ini imajinasi kamu dibawa ke arah prasangka yang selalu positif. Jangan pernah mengeluarkan kata-kata yang justru akan mengurangi kinerja imajinasimu. Seperti mengatakan 'pekerjaan ini membosankan' atau 'aku tidak menginginkan pekerjaan ini' dan semacam itu. Dengan mengelola imajinasi secara benar, maka serumit apapun pekerjaan yang harus dihadapi, sesulit apapun masalah yang dihadapi akan dengan mudah diselesaikan, karena imajinasinya berjalan dan melahirkan gerakan yang kreatif penuh inovatif.

Untuk membangkitkan imajinasi ini, para ahli menganjurkan cara yang sangat sederhana yaitu; hanya dengan selalu memberikan kata-kata yang positif pada setiap pekerjaan atau hal yang sedang dihadapi. Selanjutnya tidak membutuhkan sampai satu minggu, maka kekuatan imajinasi ini akan mengubah kamu menjadi seseorang yang energik dan kreatif.

#6. Hentikan kebiasaan bersikap baik pada diri sendiri.

Kebanyakan orang yang gagal selanjutnya akan selalu menunggu waktu yang tepat untuk sebuah kesempatan. Padahal inilah yang mendorong seseorang terhadap kekakuan pikir bahkan inilah pula sebenarnya sumber dari depresi yang selalu menimpanya. Dan itulah gaya dari seseorang yang selalu bersikap baik terhadap dirinya sendiri. Tidak mau mengambil keadaan yang sulit demi mewujudkan harapannya. Menunggu dan menunggu, itulah yang selalu dilakukannya.

Ingatlah! Motivasi itu untuk menciptakan sebuah tindakan, kemudian apabila tindakan sudah dilakukan maka hasil akan bisa dibawa pulang. Jadi teruslah pacu diri kamu untuk berani bertindak dalam situasi apapun, demi sebuah hasil yang bisa menghentikan kegersangan harapanmu. Berbuatlah kendati kamu dalam ketakuatan.

#7. Jangan terganggu dengan godaan.

Sesuatu yang biasa kamu lakukan serta hal-hal yang mudah melakukannya bahkan sangat suka untuk melakukannya, tidak berarti itu adalah sesuatu yang sesuai dengan yang kamu harapkan. Bila masih seperti itu berarti kamu masih tergoda dengan gangguan, gangguan itulah yang harus secepatnya kamu singkirkan.

Carilah sesuatu yang memiliki arti baru buat kamu, lakukan sesuatu yang lebih penting dengan fokus dan berani mengambil tantangannya. Dari pada harus selalu melakukan kebiasaan yang tidak memiliki makna dan sangat memboroskan waktu kamu dengan kesia-siaan. Intinya tahan diri dari kebiasaan jelek dan fokuslah untuk kegiatan baik dan memiliki tanatangan.

#8. Jangan bergantung pada orang lain.

Dalam menggapai suatu hal, jangan pernah mengharapkan orang lain yang melakukannya untukmu, bahkan orang terdekatmu, seperti adik, saudara dan pasangan kamu. Biarkan mereka sibuk dengan urusan mereka sendiri, dengan kebutuhan mereka sendiri. Catatlah didalam dadamu, tidak akan ada yang bisa membuatmu bahagia atau mencapai tujuan kamu selain kamu sendiri.

#9. Buatlah rencana kegiatan.

Buatlah rencana kegiatan dalam seminggu ini, kemudian perhatikan apa yang paling penting, runutlah hingga yang sekala kepentingannya sangat rendah. Perhatikan baik-baik jadwal kegiatan itu, kapan akan dilakukan, apa dan bagaimana caranya. Kemudian perhatikan sekali lagi apa yang akan dilakukan dalam minggu ini, apa dan bagaimana cara melakukannya, hingga kamu benar-benar pasti dengan apa yang akan kamu lakukan diminggu ini. Sempatkan setiap satu hari berlalu untuk selalu meninjau kegiatan yang sudah direncanakan itu, lakukanlah revisi untuk hal yang memang sangat penting dilakukan dengan segera.

#10. Jaga diri dari kelelahan.

Bagaimanapun tingginya semangat kita, tetap selalu ada batas yang tidak boleh dilanggar. Jangan sampai melewati batas lelah dari kegiatan yang dilakukan. Semangat boleh terus dipacu untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang dilakukan, tetapi jangan biarkan tubuh kehilangan semua energinya, karena itu pun merupakan salah satu yang akhirnya akan memperlambat hasil dari pekerjaan yang dilakukan. 

Ciptakan waktu luang untuk memberikan kesempatan pada diri untuk relaksasi, jadwalkan secara mingguan, bahkan ketika pekerjaan dilangsungkan barang 5 atau 10 menit, lakukanlah meditasi ringan, supaya tubuh tidak mengalami kelelahan. 

Yang membuat orang besar selalu memiliki motivasi yang tinggi, bukanlah karena rajin atau tujuannya yang hebat. Tetapi mereka membakar motivasi mereka karena selalu bersemangat mengetahui sesuatu yang baru, seberapa cepat akan mereka dapatkan, seberapa berat tantangan yang akan mereka hadapi dan sebesar apa hasil yang akan mereka raih. Inilah sekelumit teori dari sekian banyak teori yang bisa diambil demi merubah diri kearah yang lebih baik, yaitu; 10 cara untuk menggapai segala harapan dalam hidup.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *