Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog - Sekedar untuk diketahui oleh kamu sebagai blogger, bahwa Privacy Policy adalah sebuah dokumen hukum yang mengungkapkan berbagai informasi tentang pengelolaan sebuah situs website atau blog. Privacy Policy ini wajib dibuat oleh blogger yang ingin melibatkan situsnya ke dunia bisnis online, salah satu contohnya adalah Google Adsense.

Silahkan kamu coba melakukan blogging ke situs-situs yang ada di internet ini, pasti kamu akan selalu menemukan Privacy Policy dan rata-rata sama dan memakai bahasa Inggris. Kecuali situs-situs berita yang besar, biasanya mereka memiliki privacy yang berbeda yaitu dengan bahasa lokal, yaitu bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Inggris yang dominan itu karena jasa pembuatannya lebih banyak mengutamakan bahasa Inggris. 

Cara Paling Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Namun asalkan mau membangun kreativitas, Kamu bisa membuat Privaci Policy ini dengan bahasa Indonesia. Setelah kamu membuatnya di penyedia layanan dengan menggunakan bahasa Inggiris Kamu bisa mengubahnya dengan cara menerjemahkannya menggunakan google translate, kemudian Kamu edit dikit-dikit. Mudah ko...

Sekali lagi saya tekankan bahwa membuat Privacy Policy itu, sebenarnya bisa Kamu buat sendiri, sesuai dengan kebijakan yang ingin kamu terapkan diblog kamu menggunakan kata-kata kamu sendiri. Kemudian kamu menyesuaikannya dengan ketentuan baku yang diberlakukan oleh banya pihak. Ketentuan baku itu pula sebenarnya yang menjadi dasar munculnya layanan yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online dan gratis.

Baca Juga :

Nah sekarang saya akan menuliskan pengalaman saya dalam melakukan langkah-langkah penbuatan Privacy Policy untuk blogspot. Langkah-langkah ini bisa dilakukan oleh semua orang dengan mudah termasuk oleh kamu. 

Untuk langkah pertama sebelum membuat Privacy Policy ini adalah membuat dulu Contact Us di blog kamu, karena nantinya kebijakan yang ada dalam Privacy Policy itu akan kontaknya akan diarahkan ke Contact Us yang telah tersedia di blog. Sudah ada Contact Us-nya di blog kamu? kalau belum ada silahkan kamu buat dulu, bila memang belum paham silahkan kamu baca panduan yang talah saya buat ; Cara mudah membuat form Contact Us untuk blog.

Setelah Contact Us Kamu buat, sekarang kita menuju ke langkah-langkah Untuk membuat Privacy Policy. Silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

Sekarang kamu masuk ke situs yang menyediakan layanan pembuatan Privacy Policy. Ada banyak situs penyedia pembuatan Privacy Policy ini dan salah satunya adalah situs Privacy Policy Online. Silahkan kamu masuk ke sana karena kita akan membuatnya disana, yaitu situs Privacy Policy Online.

Nah kalau kamu sudah masuk, berarti sekarang kamu sudah berada di halam depan situs tersebut. Sekarang kamu perhatikan form isian yang ada dihadapan kamu itu, itulah yang harus Kamu isi. Beikut cara mengisinya; 
  1. Kamu Isikan kolom Your Site Title dengan nama blog Kamu, 
  2. Kemudian kolom dibawahnya yang bertuliskan Your Site URL, kamu isi dengan alamat blog milik kamu. Contoh (www.kerjakusini.com) hehe.. 
  3. Pada kolom Contact Link, Kamu isi dengan url / alamat Contact Us yang telah Kamu buat.
  4. Kemudian pada kolom terakhir isi dengan alamat email Kamu. 
  5. Dibawahnya ada tulisan email dan di kananany ada tulisan No Encryption, nak kamu pilih itu.
  6. Lalu dibagian Advertisers Kamu pilih layanan iklan yang akan kamu sertakan didalam blog Kamu. Mau di centang semuanya juga tidak apa-apa, semakin banyak pilihan akan semakin lebih baik. tull?...
  7. Setelah itu kamu pilih Generate Policy dan kamu akan diarahkan pada halamana yang telah memuat hasil dari Privacy Policy yang kamu buat barusan. 
  8. Sekarang kamu blok semuanya  dan Copy.
  9. Kemabali lagi ke dashboard blogger Kamu, untuk membuat halaman baru dengan cara pilih menu Laman kemudian kamu Paste hasil Privacy Policy kamu di halaman edit. Jangan lupa kasih judulnya dan simpan.
  10. Silahkan lihat hasilnya. Jika semua langkah dilakukan dengan benar maka pasti berhasil.
  11. Jangan lupa untuk mengucap alhamdulillah.

Mudah bukan?, mudah atuh, kan Kamu mah pelajar yang baik. Ok, sekian dulu semoga bermanfaat dan bila masih ada pertanyaan atau ada hal yang dirasa perlu untuk di tanyakan terkait penjelasan saya ini, Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Kita sekalian saling berbagi. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel