Cara Pemupukan Untuk Cabe Rawit

Inilah Cara Pemupukan Untuk Cabe Rawit - Pupuk yaitu komponen utama yang memengaruhi hasil panen para petani. Bila petanimenginginkan panen dengan hasil yang banyak maka sangat diperlukan pupuk yang sesuai dan pas. Pupuk apa sajakah yang baik untuk tanaman cabe rawit?

Cara Pemupukan Untuk Cabe Rawit Yang Benar

Berikut ini adalah beberapa pilihan pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan cabe rawit untuk hasil yang memuaskan para petani cabe.




1. Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan pupuk yang asalnya adalah dari kotoran hewan ternak yang di ketahui memiliki kandungan unsur hara yang melimpah untuk tanaman. Mengenai pupuk kandang yang bisa dipakai pada tanaman cabe yaitu kotoran ayam.

Pupuk kandang dari kotoran ayam memiliki kandungan nitrogen sekitaran 1, 7 persen. Kandungan nitrogen dalam kotoran ayam ini lebih tinggi dibanding pupuk kandang dari kotoran hewan yang lain yang kandungan nitrogennya tidak mencapai 1%. Nitrogen memiliki peran yang sangat penting dalam percepatan pembentukan tunas pucuk, organ akar, batang, daun, bunga serta buah.

Tidak hanya Nitrogen, pupuk kandang dari kotoran ayam ini memiliki kandungan Magnesium, Kalium, Seng, Tembaga, Besi serta Kalsium yang sangat besar pengaruhnya dalam memperbanyak buah yang dihasilkan oleh tanaman nantinya. Pemakaian pupuk kandang kotoran ayam ini dikerjakan dari pertama yakni kala memindahkan bibit cabe kedalam media tanam permanen atau lahan pertanian.



Bau pupuk kompos ayam tidak sekuat beberapa pupuk kompos yang lain. Saat digabung dengan kompos yang berbeda, kotoran ayam menjaga kelembapan di sekitaran akar serta melindungi susunan atas tanah jadi sangat panas. Pupuk kandang kotoran ayam ini gampang diperoleh, Bila Anda atau tetangga Anda tidak memiliki peliharaan ayam, maka pupuk kotoran ayam ini dapat dibeli di toko pertanian.

Disamping kandungannya yang istimewa, pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam ternyata memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat pupuk kotoran ayam itu adalah sebagai berikut:

Bisa melakukan perbaikan pada susunan tanah, hingga tanah jadi enteng untuk digarap serta gampang ditembus oleh akar tanaman.
Bisa menaikkan daya serap air (water holding capacity) dan lebih lama menahannya di dalam tanah. Hal semacam ini menyebabkan kamampuan tanah untuk menyediakan air jadi semakin banyak.
Bisa melakukan perbaikan kehidupan biologi di dalam tanah karna memiliki kandungan mikrobia dalam jumlah cukup yang berperanan dalam sistem dekomposisi bahan organik.



Cara membuat pupuk kandang dari kotoran ayam

Beberapa bahan :

M-Bio (5 ml)
Gula merah (4 g)
Air (1 L)
Dedak (1, 5 kg)
Pupuk kotoran ayam (5 kg).
Ember bertutup
Cara membuat :

Larutkan M-Bio sejumlah 5 ditambah gula merah di air dalam ember, tutup serta diamkan sepanjang 12 jam.
Pupuk kandang kotoran ayam digabung dengan dedak dengan rata membuat satu adonan.

Siramkan Larutan M-Bio, gula merah serta air kedalam adonan dengan rata serta kandungan air awal pada adonan diupayakan menjangkau 50 persen lewat cara mengepak dengan jari kombinasi adonan, air tidak keluar dari adonan apabila kepalan terlepas, kombinasi adonan juga akan mengembang.

Kombinasi adonan ditimbun diatas lantai yang kering dengan ketinggian 15 hingga 20 cm, lalu ditutup dengan karung goni sepanjang 12 hingga 15 hari.
Sesudah 12 hingga 15 hari kotoran ayam usai difermentasi serta siap dipakai jadi pupuk organik.

Walau mempunyai banyak keuntungan, pemakaian pupuk kandang kotoran ayam ini ada banyak hal yang perlu diwaspadai. Yaitu, hormon serta obat-obatan yang terikut dalam kotoran juga akan mengontaminasi tanaman organik.

Baca juga : 



2. Pupuk Phonska

Pemberian pupuk Phonska cair bisa memberi keuntungan berbentuk hasil buah yang lebat serta umur tanaman cabe lebih tahan lama. Pupuk Phonska gampang diperoleh dari toko, baik konvensional maupun online.

Mengenai cara membuat pupuk cair ini yaitu seperti berikut :

Alat serta Bahan :
1 kg pupuk SP
1 kg pupuk KCl
2 kg pupuk phonska
Ember besar dengan daya tampung 10 liter

Beberapa langkah :

Masukan 8 liter air bersih dalam ember
Masukan seluruh pupuk yang telah ditakar.
Aduk sampai rata.

Info perlu beda :

Dalam pemakaiannya pupuk ini mesti dicairkan sekali lagi dengan perbandingan 1 : 8. Penyemprotan larutan ini baiknya langsung pada akar tanaman.

Demikian cara pemupukan untuk cabe rawit yang kami rekomendasikan kepada para petani cabe rawit di manapun berada. Semoga artikel sederhana ini bisa memberikan manfaat guna meningkatkan kwalitas dan kwantitas hasil pada tanaman caber rawit. Terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Cara Pemupukan Untuk Cabe Rawit"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel