Setelah Selesai SMA, Kuliah atau Kerja?

Banyak anak yang duduk dibangku kelas 12 SMA dan yang sederajat sepert Madrasah Aliyah merasa bingung apa yang harus dipilih Setelah Selesai SMA, Kuliah atau Kerja?... Ini sangat wajar yaa.. namanya juga pindah dunia.

Setelah Selesai SMA, Kuliah atau Kerja?

Hal ini sangat penting bagi mereka, mereka harus bisa menentukan pilihannya, karena jawaban dari kebingungan mereka itu akan menentukan masa depan mereka.

Nah disini saya ingin ngasih pandangan buat mereka, atau mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini, bila ternyata kamu sedang mengalami kebingungan yang sama.

Masa SMA adalah masa paling indah dan masa paling bertabur kenangan indah, mulai dari sahabat dekat hingga sidia yang selalu bikin persaan kelepek-kelepek.

Tapi sayangnya masa bertabur kenangan itu, matu tidak mau harus ditinggalkan juga, karena dunia lain yang lebih menantang dan menuntut kedewasaan sudah menunggu.

Mau memilih melanjutkan karir pendidikan dengan kuliah ataupun memutuskan untuk langsung terjun didunia kerja itu sebenarnya bukan merupakan keputusan yang keliru.

Manapun pilihan yang kamu ambil adalah pilihan yang baik, selama kamu memilihnya dengan hati.

Nah untuk menuju keputusan dalam pilihan itu, maka ada baiknya kamu merenungi dulu, seperti apa sii masa depan yang kamu inginkan?

Ingat, apa yang kamu pikirkan tentang masa depan maka itulah yang akan kamu raih. Memikirkan masa depan yang kamu inginkan harus dengan gambaran yang jelas, bukan hanya sekedar memikirkan dan terlalu banyak yang kamu gambarkan, sehingga pikiran masa depan kamu jadi bias.

Misalkan; pikirkanlah apa yang kamu inginkan di masa depan kamu itu adalah hasil dari kesuksesan kamu, jangan memikirkan kerja kerasnya, karean kerja keras itu bagian dari proses dan bukan target.

Pikirkanlah di usia 25 tahun kamu akan menikahi pasangan yang sesui dengan hati kamu, diusia itu kamu sudah memiliki penghasilan mandiri minimal 10 juta/bulan dan bisa membawa jalan-jalan istri kamu kemanapun dia suka.

Nah pikirkan lah target hidup kamu dulu 5-10 tahun ke depan kamu ingin menjadi seperti apa?...

Baru setelah itu kamu menentukan pilihan, bila apa yang ingin kamu wujudkan pada 5-10 tahun kedepan itu dukungannya datang dari karir kuliah kamu, maka putuskanlah untuk melanjutkan kuliah. Tetapi, bila dengan kuliah menurut kamu adalah cara yang lambat, maka kamu akan memilih kerja.

Intinya, buatlah gol hidup kamu dimasa 5-10 tahun ke depan. renungkan prosesnya dan ambil keputusan.

Itulah tips sederhana menurut aku supaya kamu tidak merasa kebingungan lagi dalam memutuskan pilihan selepas kamu keluar daei bangku SMA nanti. Semoga sukses yaa!!

BACA JUGA
Yakin Menjadi Karyawan Bisa Mencerahkan Masa Depanmu
Jokowi Menginginkan Empat Unicorn Indonesia Diikuti "Startup" Lainnya 
Dapatkan Pekerjaan Impianmu Dengan 4 Kiat Ini 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *