Dapatkan Pekerjaan Impianmu Dengan 4 Kiat Ini

Dapatkan Pekerjaan Impianmu Dengan 4 Kiat Ini - Perkembangan teknologi membawa dinamika tersendiri dalam dunia kerja. Misalnya saja kita bisa dengan mudah mengirim lamaran kerja ke banyak perusahaan sambil makan siang.

Dapatkan Pekerjaan Impianmu Dengan 4 Kiat Ini

Bahkan, media sosial bisa jadi semacam "portofolio" diri agar dilirik perusahaan impian. Meski begitu, tantangan dan persaingan pun jadi semakin keras. Namun, tidak perlu takut menghadapinya. Simak apa saja kiat yang bisa kita lakukan untuk mendapat posisi yang diinginkan.

1. Lakukan evaluasi diri dan buat rencana 

Ratusan lowongan pekerjaan dibuka setiap hari. Namun, jangan hanya tergiur oleh posisi dan gaji. Konsultan karir Robin Schlinger mengatakan, sebelum mengirim surat lamaran, luangkan waktu untuk mengevaluasi diri dan menentukan dengan tepat apa yang mereka cari dalam pekerjaan. Evaluasi pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, dan kesuksesan dari masa lalu akan menunjukkan apakah kita orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Setelah kita mempersempit apa yang kita cari, konsultan karir Georgia Adamson menyarankan kita untuk membuat renaca. "Melamar kerja tanpa rencana awal akan menyulitkan kita mendapatkan kerja dn mengurangi efektifitas," katanya.

2. Modifikasi surat lamaran 

Jangan malas untuk membuat surat lamaran baru untuk setiap posisi. Ini menunjukkan kepada pemberi kerja jika kita benar-benar berusaha untuk mendapatkan pekerjaan itu. Erin Kennedy selaku CEO di Professional Resume Service resume seharus mencerminkan keterampilan yang kita perlukan dalam setiap peran tertentu.

Jadi, bukan satu resume untuk semua lowongan yang kita lamar. "Sesuaikan resume dan surat lamaran untuk setiap posisi yang kita incar," ucapnya.

3. Perluas jaringan 

Meskipun tersedia banyak lowongan, tapi persaingan juga ketat. Resume yang meyakinkan memang menunjuang kesempatan kita untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, sebagian besar pakar karier merekomendasikan kita agar memperluas jaringan untuk meningkatkan peluang. Joellyn Wittenstein Schwerdlin, pelatih manajemen karir bersertifikat, menyarankan kita agar tak hanya sekedar mendaftar lalu menunggu hasil.
"Terkadang ada peluang yang belum pernah dipublikasikan secara online atau mungkin hanya tersedia melalui refensi 'orang dalam',” ucapnya. 
Jaringan yang luas bahkan dapat membantu pada tingkat yang lebih mendasar . Schwerdlin mengatakan kita dapat menemukan “orang dalam" yang dekat dengan manajer perekrutan yang dapat memberikan saran baik untuk kita tentang pekerjaan yang kita lamar.

4. Perbarui profil LinkedIn 

Setelah mendapatkan perhatian manajer perekrutan, kemungkinan mereka akan mencari informasi diri kita. Carolyn Betts Fleming, CEO dan pendiri Betts Recruiting, merekomendasikan pencari kerja untuk memperbarui profil LinkedIn. Ia tidak merekomendasikan memasang foto pada resume. Namun, ia justru menekankan pentingnya memasang foto pada profil LinkedIn, di mana hal-hal yang tak dimuat dalam resume bisa kita tulis dalam LinkedIn.
Untuk Dapat Video Tutorial Internet Marketing Gratis Selama 1 Tahun | Silahkan Isi Formnya
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kiat Sukses Bersaing Mendapat Pekerjaan Impian", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/25/110000320/4-kiat-sukses-bersaing-mendapat-pekerjaan-impian. 
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Lusia Kus Anna

Belum ada Komentar untuk "Dapatkan Pekerjaan Impianmu Dengan 4 Kiat Ini"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel