Tips belajar ala siswa Korea yang harus kamu tahu

Tips belajar ala siswa korea yang harus kamu tahu - Korea banyak dikenal oleh kebanyakan remaja di Indonesia sebagai negeri yang sukses dalam dunia hiburan yang telah banyak melahirkan grup K-popnya. Tapi ternyata ada hal disamping itu yang harus kamu ketahui, bahwa pendidikan di Korea Selatan sendiri terkenal dengan persaingan yang sangat ketat diantara siswa-siswanya untuk mendapatkan nilai terbaik.

Bahkan banyak cerita dan berita yang mengungkapkan bahwa banyak siswa siswi Korea yang bunuh diri karena stress. Dan yang menjadi penyebabnya adalah ketatnya persaingan dalam memperebutkan posisi terbaik didalam kelasnya. Tapi, bukan itu juga kan yang kita inginkan?... 

Tips belajar ala siswa Korea Selatan yang harus kamu tahu

Namanya juga berita kadang suka terdengar ekstrim di mata para pembacanya, begitu juga dengan cerita ekstrimnya persaingan para siswa di Korea Selatan itu. Karena pada kenyataannya korea selatan sudah terkenal maju di dalam bidang pendidikan dan juga teknologi. Dengan kenyataan ini, Korea Selatan telah berhasil melahirkan manusia-manusia yang memiliki kemampuan super dan produktivitas dalam pekerjaannya yang sangat tinggi. Hal ini pula yang menyebabkan adanya persaingan yang ketat untuk mendapatkan pekerjaan dan tengah kebutuhan perusahaan yang semakin meningkat.

Dalam hal belajar, para siswa disana tidak pernah belajar setengah-setengah apa lagi sampai malas-malasan. Oleh karena itu pula mereka tidak main-main dalam persaingan untuk mendapatkan yang terbaik dalam nilai. Kabarnya, hanya berbeda ‘nol koma satu’ saja sudah bisa menurunkan ranking. Jelasnya bagi para pelajar disana nilai adalah harga mati.

Baca : Guru-profesionalisme-dan-kewenangannya.

Tetapi ditengah persaingan yang ketat itu, para siswa disana juga didorong untuk berani mengembangkan bakat yang dimilikinya. Jadi mereka tidak melulu terus belajar di dalam kelas. Ada ekstrakurikuler juga di sana yang bisa diikuti para siswa yang ingin mengembangkan bakatnya. Bahkan disediakan pula kegiatan yang bersipat sukarela untuk memberikan nilai tambah.

Ternyata eee ternyata, ketat sii ya memang ketat, tetapi tips belajar mereka itu ternyata sangat sederhan, tidak serumit informasi persaingannya. Bagi mereka, setiap orang itu diberikan waktu 24 jam dalam sehari, tidak kurang dan tidak lebih.. -kalo itu dikampung sini juga udah pada tahu- Hanya masalah mengelola prinsip membagi waktu itu yang benar-benar mereka ikuti.

Mereka memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam menggunakan waktunya. Seperti waktu untuk tidur, rata-rata dari 24 jam ini mereka gunakan selama 7 jam untuk tidur. Tidur yang 7 jam itu pun bukan tidur yang gelisah karena dibayangi berbagai tugas pekerjaan yang belum berhasil diselesaikan, tetapi tidur yang benar-benar nyenyak untuk mengistirahatkan tubuhnya dengan maksimal. Kemudian 13 jam sisanya digunakan untuk belajar. Prinsipnya dalam belajar mereka tidak boleh mengantuk sedikitpun, karena jatah kantuk dan tidurnya sudah mereka dapatkan.

Waktu belajar mereka gunakan dengan benar-benar maksimal. Tidak ada kata mengeluh dan tidak ada kata malas apa lagi menyesal. Didalam kelas mereka benar-benar fokus dalam memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Oleh karena itulah prestasi para siswa disana benar-benar tinggi.
Kemudian sisa waktu sehabis belajar di sekolah yang mereka miliki adalah antar 3-4 jam. Waktu sisa tersebut mereka gunakan untuk bermain atau beristirahat dengan relaksasi atau jalan-jalan yang menyenangkan. Intinya ketika mereka belajar, mereka akan belajar dengan sungguh-sungguh, begitu pula ketika waktu bermain, mereka akan benar-benar bermain untuk melakukan refreshing.

Kendati keseriusan belajar mereka yang sangat tinggi, tetapi ternyata dalam hal imajinasi keinginan dimasa depan sama-sama tidak pasti. Bahkan sampai selesai belajar masih ada yang belum mengetahui harus menjadi apa dan harus melakukan apa?. Jadi yang mereka benar-bernar sadari adalah bahwa belajar itu adalah kebutuhan untuk hidup, tidak ada bedanya seperti makan dan minum.

Selain belajar yang serius, mereka juga terus mencari tahu apa yang benar-benar mereka sukai dan mereka impikan dimasa depan. Dan keyakinan mereka yang kuat adalah dengan belajar serius, pasti akan menemukan sesuatu dimasa depan dan hasil belajar mereka akan bisa di ambil manfaatnya di sana.

Usaha memang tidak akan pernah berkhianat, begitu juga dengan usaha untuk belajar dengan sungguh-sungguh seperti para pelajar di Korea sana pasti akan bisa didapat manfaatnya dimasa depan. 

Oleh karena itu, mungpung kamu masih sebagi seorang pelajar pada saat ini, maka maksimalkanlah waktu belajarmu dengan baik. Ingat waktu yang sedang kamu jalani saat ini adalah waktu yang akan paling kamu rindukan di masa depan kamu nanti. Jadi teruslah pupuk semangat belajarmu dengan kesungguhan demi meraih kemanfaatan yang sangat berharga di masa depan kamu nanti.

Belum ada Komentar untuk "Tips belajar ala siswa Korea yang harus kamu tahu"

Posting Komentar

Jangan sungkan untuk berkomentar, karena komentar Anda sangat berharga untuk semua orang. Orang terhebat itu yang mau berbagi gagasan dengan orang semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel