Penyebab Usus Buntu Pada Anak yang Harus Diwaspadai


Hallo.., al-hamdulillah kita bisa bertemu kembali disini, mudah-mudahan kita selalu diberi kesehatan Oleh Allah swt. Pada kesempatan ini akan menjelaskan tema tentang "bayi sehat usia 7 bulan, Penyebab Usus Buntu Pada Anak yang Harus Diwaspadai". yuk kaji selengkapnya...


Penyebab Usus Buntu Pada Anak yang Harus Diwaspadai

Penyakit perut muda buntu (appendisitis) adalah kondisi perut muda buntu (apendiks) yang membengkak dengan meradang karena tersumbat dengan akibatnya terinfeksi. Radang perut muda buntu paling sering dialami oleh anak-anak daripada orang dewasa alias lanjut usia. Sekitar 4 dari setiap 1.000 anak cucu di kaki (gunung) usia 14 tahun pernah menjalani operasi perut muda buntu. Apa yang menjadi penyebab perut muda buntu pada anak cucu kecil?

Penyebab perut muda buntu pada anak cucu kecil

Pada dasarnya, appendisitis terjadi akibat adanya sumbatan. Pada anak cucu kecil, penyebab tersering dari kemunculan sumbatan ini adalah pembesaran jejaring limfoid pada jejaring perut muda buntu. Jaringan limfoid yang membesar dapat menghalangi rongga saluran perut muda buntu.

Penyebab dari pembengkakan jejaring limfoid itu sendiri masih kontroversi. Namun, eksplorasi dari buku harian JAMA Surgery mengatakan bahwa jangkitan virus sering dikaitkan dengan terjadinya pembengkakan limfoid. Sumber lain berpendapat pembengkakan jejaring limfoid dapat disebabkan oleh dehidrasi.

Penyebab lain yang cukup sering mengakibatkan sumbatan pada perut muda buntu anak cucu adalah fecalith. Fecalith adalah feses yang pernah mengeras dan terjebak di dalam saluran cerna. Selain sisa feses, fecalith juga terbentuk dari kombinasi jerut kalsium yang mengkristal dengan mengeras.

Penyumbatan juga dapat disebabkan oleh sumbatan benda asing atau infeksi parasit. Ketika perut muda buntu Anda tersumbat, bakteri dapat mekar biak dengan cepat pada perut muda buntu di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan nanah dengan pembengkakan yang dapat membuat alat pencernaan sih kecil terasa sakit.

Setelah tersumbat, perut muda buntu tidak lagi bisa mendapat cucuran darah yang baik. Ketika aliran darah berkurang, jejaring hidup pada perut muda buntu mulai mati. Apendiks kemudian bakal pecah dengan bisa menyebabkan dinding perut muda berlubang.

Lubang-lubang ini bakal membuat feses, lendir, dengan zat lainnya bocor lalu menyebar ke rongga alat pencernaan lainnya. Komplikasi jangkitan ini disebut sebagai peritonitis dengan jika tidak diobati bisa berakibat fatal. 

Faktor akibat penyebab perut muda buntu pada anak

1. Cedera perut

Menurut eksplorasi tahun 2010 di Inggris, luka alias trauma akibat benturan benda tumpul yang mengenai perut dapat menjadi penyebab perut muda buntu pada anak.

Penelitian ini melaporkan afair perut muda jaki perut muda buntu yang dialami seorang anak cucu berusia 11 tahun setelah ia tertimpa badan saudaranya di bagian daksina perutnya saat bermain trampolin. Ia diketahui arung nyeri, mual, dengan muntah-muntah sesudahnya, kemudian setelah diperiksa, mantri mendapatkan peradangan pada perut muda buntunya.

Selain itu, eksplorasi dalam buku harian Biomed Central juga mendapatkan penyebab perut muda buntu pada anak cucu yang diakibatkan oleh cedera tusukan alias trauma sehabis terjatuh dengan mengenai daerah perut.

Para ahli menduga bahwa luka tusuk di alat pencernaan dapat menyebabkan perut muda buntu membengkak sehingga jaringan limfoid apendiks arung pembesaran. Namun afair terjadinya perut muda buntu karena benturan pada alat pencernaan masih cukup jarang. mantri dengan peneliti pun belum mengetahui hubungan pasti antara luka alat pencernaan dengan perut muda buntu. 

2. Faktor genetik

Risiko anak cucu arung jaki perut muda buntu dapat meningkat hingga 10 kali lipat jika ada salah ahad anggota keluarga intinya (ayah, ibu, alias saudara kandung) memiliki riwayat perut muda buntu, baik aktif alias pernah pernah diobati.

Penelitian lain juga mendapatkan adanya kenaikan akibat tiga kali lipat terkena perut muda buntu pada anak cucu yang anggota keluarga lainnya pernah arung penyakit tersebut.

Apa penyebab di balik berita keluarga yang menembakkan kemunculan jaki perut muda buntu akut pada anak cucu masih diteliti lebih lanjut. Sampai saat ini, getah perca andal menduga bahwa akibat perut muda buntu turunan pada anak dilaporkan terkait dengan bentuk HLA (antigen leukosit manusia) serta golongan darah.

Penelitian mendapatkan bahwa orang-orang golongan darah A berisiko lebih tinggi arung perut muda buntu daripada golongan O. 

Maka setiap pemeriksaan perut muda buntu, mantri juga wajib menanyakan tentang berita jaki perut muda buntu pada keluarga anak. 

Kapan harus bawa anak cucu ke dokter?

Apabila anak cucu mulai mengeluhkan gejala perut muda buntu seperti nyeri di alat pencernaan daksina bawah, mual dengan muntah, serta diare, segera bawa ia ke dokter.

Anak yang masih berusia terlalu kecil (di kaki (gunung) lima tahun) mungkin belum sejenis itu lancar menyampaikan rasa sakitnya. Namun jika mereka sampai mengalami demam tinggi, ini adalah fakta perut muda buntu yang wajib orang dalu waspadai.

Untuk menangani fakta perut muda buntu pada anak, mantri bakal memberikan pengobatan antibiotik, cairan intravena, dengan juga operasi jika jangkitan pernah parah. 

Bisakah faktor penyebab perut muda buntu pada anak cucu dicegah?

Hingga sampai saat ini belum ada cara pasti untuk mencegah perut muda buntu pada anak. Terutama apabila faktor pemicunya adalah keturunan. Namun, Anda dengan anggota keluarga lainnya bisa mencegah risiko cedera pada bagian alat pencernaan anak.

Selain itu menurut beberapa penelitian, mencukupi asupan serat anak cucu dari incaran sehat juga dapat membantu menghindari akibat perut muda buntu pada anak. Tubuh anak cucu yang kekurangan serat bakal lebih rentan arung sembelit, yang ditandai dengan kehadiran fecalith (feses keras) dalam saluran cernanya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Biochemical Journal tahun 2017 lalu menyebutkan penyebab perut muda buntu pada anak cucu bisa dicegah dengan mengonsumsi incaran yang kaya bakal serat. Serat selain melajukan penyerapan juga bermanfaat untuk melestarikan bakteri baik di dalam bentuk penyerapan tubuh anak.

Anda bisa memberikan anak cucu asupan incaran berserat tinggi dari sayur dengan buah. Misalnya apel, pir, pisang, brokoli, kacang-kacangan, sawi, dengan juga bayam.


Begitulah penjelasan tentang "Penyebab Usus Buntu Pada Anak yang Harus Diwaspadai". mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua. salam

Sumber artikel https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/penyebab-usus-buntu-pada-anak/

Posting Komentar untuk "Penyebab Usus Buntu Pada Anak yang Harus Diwaspadai"